You are here: Bisnis Limbah Diubah Jadi Aneka Kreasi Seni

Limbah Diubah Jadi Aneka Kreasi Seni

PDFCetakEmail

Aneka benda seni yang dibuat dari limbah.(F:ist)JAMBI– Sampah rumah tangga yang selama ini terbuang percuma, ternyata bisa difungsikan dan mempunyai nilai jual. Namun, bagi Muhamad Toyib warga Sipin, Kota Jambi, sampah ini diolah menjadi benda yang memiliki nilai seni tinggi dan punya nilai jual. Ditangannya, sampah rumah tangga seperti kantong plastik, botol minuman kemasan, kertas, pecahan kaca dan lainnya, diubah menjadi aneka kerajinan seperti kembang bonsai, kaligrafi maupun lukisan.

‘’Ini berawal hoby saya mengkreasikan sampah yang biasa dibuang masyarakat. Ternyata, limbah bisa diolah dan punya nilai seni,’’ ujar Muhamad Toyib. Digaleri miliknya, Muhamad Toyib mampu menyulap aneka limbah ini, menjadi berbagai macam kerajinan yang biasanya dibuang atau dibakar. Salah satunya adalah, lukisan yang sepintas terlihat seperti lukisan cat minyak dengan latar belakang kain kanvas. Namun jika dilihat lebih dekat, lukisan ini ternyata terbuat dari kulit bawang putih dengan latas belakang pohon pisang kering dan disisinya dibaluri kacang hijau.

Aneka benda seni yang dibuat dari limbah.(F:ist)Benda lainnya yang berhasil diciptakan adalah, miniatur kembang bonsai yang terbuat dari sampah botol minuman kemasan. Lalu, ada juga pohon beringin terbuat dari pecahan kaca mobil dan rantingnya dibalut dengan kantong plastik. Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin membuat kerajinan sepert ini, tidaklah sulit. Seperti pembuatan miniatur pohon beringin, pohon yang sudah dibentuk menyerupai aslinya dibuat menggunakan kawat, lali dibalut kantong plastik hitam bekas.

Agar menyatu, kantong plastik ini dibakar, setelah itu tiap ujungnya dilem. Sementara untuk membuat daun, dibuat dari potongan plastik dari botol kemasan atau plastik sisa dari usaha foto copy. Sedangkan untuk warna tinggal menyesuaikan dengan warna botol atau plastik bekas yang ada. Tiap daun direkatkan menggunakan lem plastik hingga akhirnya menjadi sebuah miniatur bonsai. Untuk lukisan atau kaligrafi, tulisan sketsa dilapisi dengan kertas atau karton bekas foto copy yang warnanya diseseuaikan dengan keinginan ataupun ketersedian kertas bekas yang ada. (Reporter: Zalman)

comments