You are here: Daerah Incar Tambang, HTI dan Perkebunan Sawit Hanya Kedok

Incar Tambang, HTI dan Perkebunan Sawit Hanya Kedok

PDFCetakEmail

Kawasan hutan produksi Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo.(F:Usman)JAMBI - Ade Junaidi, Koordinator Daerah Bungo KKI Warsi, menduga kengototan PT Malaka Agro Perkasa untuk mendapatkan izin konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) di hutan produksi Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo dilandasi motif mendapatkan tambang.


“Saya pernah melihat ada peta potensi pertambangan di Kabupaten Bungo. Dan kawasan hutan produksi yang sekarang ini dikelola oleh PT MAP memiliki potensi tambang batu bara dan emas. Konsesi HTI hanyalah cara untuk memastikan apakah benar kawasan tersebut ada tambangnya. Kalau ada, maka nanti mereka akan berupaya mengalihkan fungsi kawasan menjadi pertambangan,” ujarnya kepada Metrojambi.com, Sabtu (6/10).

Kawasan hutan produksi Senamat Ulu, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo.(F:Usman)Menurut dia, selain menggunakan baju PT MAP, group usaha ini juga mengajukan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawit Harum Makmur (SHM) untuk mendapatkan izin. Sehingga group perusahaan ini mendapat izin konsesi yang sangat luas. Di tengah adalah perkebunan kelapa sawit PT SHM dan diapit kiri kanan oleh PT MAP.

Reporter : Muhamad Usman

 

comments