You are here: Daerah Penyuluhan Harus Bersinergi Dengan Program SKPD

Penyuluhan Harus Bersinergi Dengan Program SKPD

PDFCetakEmail

MUARASABAK-Bupati Tanjungjabung Timur Zumi Zola Zulkifli meminta agar aktivitas penyuluhan mampu bersinergi dengan program yang dilaksanakan dinas/instansi terkait. Untuk mewujudkannya proses revitalisasi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan dan penyusunan program penyuluhan mutlak harus dilakukan sebagai kerangka acuan bagi penyuluh dalam menyusun rencana kegiatan penyuluhan di lapangan.

Dalam penyusunan program penyuluhan di semua tingkatan baik di tingkat desa,  kecamatan, kabupaten, Zumi Zola mengharapkan agar dilakukan secara serius, menyeluruh dan benar-benar menjadi alat kendali penyelenggaraan penyuluhan. “Dengan kata lain, program penyuluhan jangan hanya diposisikan sebagai pemenuhan kelengkapan administrasi semata, tapi lebih dari itu sebagai acuan dalam menentukan arah dan pedoman pencapaian tujuan penyuluhan untuk satu tahun ke depan,” ujar Bupati Tanjungjabung Timur Zumi Zola melalui Sekda Darminto pada pembukaan kegiatan program penyuluhan yang diselenggarakan BP4K Tanjabtim kemarin (3/12).

Selain itu, dalam penyusunannya Zumi Zola juga meminta agar memperhatikan dan mempertimbangkan keserasian dan keterpaduan dengan proses perencanaan yang lain seperti Musrenbang dan Musrenbangtan. Dan yang lebih penting lagi kata dia program penyuluhan kabupaten ini telah benar-benar mengakomodir kebutuhan riil pelaku utama dan pelaku usaha di perdesaan dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

“Kita berharap program penyuluhan ini dapat menghasilkan kegiatan penyuluhan spesifik  lokasi yang menjunjung kearifan lokal dan mempunyai daya ungkit yang tinggi terhadap peningkatan produktivitas unggulan daerah dan pendapatan petani, nelayan, pekebun, peternak, pembudidaya ikan dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari lahan disekitar kawasan hutan,” jelasnya.

Bila hal itu dilakukan, Zumi Zola optimis kegiatan penyusunan program penyuluhan kabupaten ini akan mampu merespon kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha dan memberikan dukungan terhadap program-program prioritas dinas/instansi terkait. Pada kesempatan itu secara khusus Bupati juga berpesan agar pemberdayaan kelompok tani ataupun gabungan kelompok tani agar benar-benar diarahkan untuk terwujudnya kesejahteraan yang paripurna bagi kualitas kehidupan petani dan nelayan yang lebih baik.  Karena hal ini berkaitan erat dengan arah misi Pemkab Tanjabtim sesuai slogan menuju Kabupaten Tanjungjabung Timur. Samudera.

Sementara itu Kepala BP4K Kabupaten Tanjabtim mengatakan pelaksanaan penyusunan program penyuluhan kabupaten merupakan salah satu rangakaian dari pelaksanaan penyusunan program di sebelas BP3K kecamatan yang telah berlangsung sebelumnya yakni dari tanggal 5-14 November lalu. Selanjutnya pasca disusunnya program penyuluhan kabupaten ini selanjutnya akan diikuti dengan penyusunan program penyuluhan tingkat Provinsi Jambi dan terakhir program penyuluhan nasional.
Penyusunan program penyuluhan kabupaten ini antara lain bertujuan untuk menyediakan acuan dalam penyelenggaraan penyuluhan bagi para pelaksana kegiatan penyuluhan. Memberikan acuan bagi penyuluh dalam menyusun rencana kegiatan penyuluhan di lapangan. Menyediakan bahan penyusunan perencanaan penyuluhan untuk disampaikan dalam forum Musrenbangtan tahun berikutnya.

Sekadar diketahui, kegiatan penyusunan program penyuluhan tingkat kabupaten tahun 2013 dihelat selama dua hari berturut-turut di aula kantor satu atap. Sebanyak 27 orang peserta turut ambil bagian dalam kegiatan itu. Mereka masing-masing dari Balai Penyuluhan Kecamatan (BP3K), perwakilan Kelompok KTNA, perwakilan Gapoktan, Pengurus Daerah Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani).  Sedangkan narasumber yang akan mengisi ekspose kegiatan SKPD Tahun 2012 pada saat penyusunan program penyuluhan ini adalah BP4K, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Koperasi dan UKM serta Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjabtim.(pm4)

comments