You are here: Daerah Dinas Pendidikan Diminta Cek Kondisi Sekolah

Dinas Pendidikan Diminta Cek Kondisi Sekolah

PDFCetakEmail

IlustrasiMUARA SABAK – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanjab Timur, Markaban, angkat bicara terkait maraknya pemberitaan seputar kondisi sejumlah sekolah di Kabupaten Tanjab Timur, terutama sekolah dasar (SD), yang memprihatinkan dan minim sarana dan prasarana. “Terus terang saya terenyuh, ternyata masih ada sekolah (di Tanjab Timur, red) yang kondisinya memprihatinkan,” kata Markaban, Kamis (7/3). 

Menurut Markaban, jika dilihat dari proses penganggaran setiap tahunnya, seharusnya tidak ada sekolah yang kondisinya memprihatinkan. Dikatakan Markaban, setiap tahunnya Pemkab Tanjab Timur menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk sektor pendidikan. “Kondisi ini menunjukkan, kinerja dinas pendidikan harus lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Terkait permasalah masih adanya sekolah yang kondisinya masih memprihatinkan, Markaban mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan hearing dengan pihak Dinas Pendidikan Tanjab Timur. Selain itu, Markaban meminta agar Kepala Dinas pendidikan Tanjab Timur, Rahmad Derita, turun ke lapangan untuk melihat langsung kondisi sekolah, dan melakukan pendataan terhadap sekolah yang perlu mendapatkan perharian dari pemerintah.

“Kita minta pihak dinas pendidikan turun langsung, cek kondisi riil yang terjadi, inventarisasi jumlah sekolah yang perlu mendapatkan perhatian serius. Jangan duduk di belakang meja saja, kalau hanya duduk di belakang meja, anak kecil juga bisa,” sebut Markaban.

Markaban menambahkan, salah satu ukuran keberhasilan suatu daerah, dapat dilihat dari kualitas dan sarana pendidikan yang dimiliki. Maka dari itu, sambung Markaban, wajar jika Pemkab Tanjab Timur selalu menganggarkan dana pendidikan diatas 20 persen. (pm4)

comments