You are here: Daerah Di Tanjab Timur, Harga Bawang Naik 100 Persen

Di Tanjab Timur, Harga Bawang Naik 100 Persen

PDFCetakEmail

MUARA SABAK - Harga bawang di Kabupaten Tanjab Timur saat ini, baik bawang merah maupun bawang putih, mengalami lonjakan drastis. 
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Disperindag Tanjab Timur, harga bawang putih dan bawang merah saat ini mencapai Rp 50 ribu per kilogram. Padahal sepekan sebelumnya, harga bawang dipasaran masih berkisar Rp 25 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindag Kabupaten Tanjab Timur, Ibnu Hayat, saat dkonfirmasi mengatakan kenaikan harga bawang terjadi hampir disetiap daerah di Indonesia. Pihaknya, kata Ibnu, tidak bisa berbuat banyak terkait kenaikan harga bawang tersebut.

"Yang bisa kami lakukan hanya mengupayakan agar bawang tidak menghilang di Tanjab Timur. Kalau soal harga, itu sudah hukum pasar," jelas Ibnu.

Ditambahkan Ibnu, melonjaknya harga bawang dipasaran belum berpengaruh terhadap harga makanan yang menggunakan bahan baku bawang. Hal ini terbukti dengan sejumlah pemilik rumah makan yang belum menaikan harga.

Sementara itu Susi, warga Kelurahan Nibung Putih Kabupaten Tanjab Timur, saat dikonfirmasi mengatakan ia terpaksa mengurangi jumlah bawang yang ia beli, hingga harga normal kembali.

"Pintar-pintar menghemat saja. Kalau dulu beli seperempat kilo, sekarang paling beli sekedarnya saja," kata Susi. (pm4)

comments

Related news items:
Newer news items: