You are here: Daerah Lubuk Larangan Terpusat di Bungo

Lubuk Larangan Terpusat di Bungo

PDFCetakEmail

IlustrasiJAMBI - Dari 201 lubuk larangan yang ada di seluruh Kabupaten Provinsi Jambi, 70 diantaranya berada di Kabupaten Bungo. Ini menjadikan Bungo sebagai pusat bagi berjalannya program lubuk larangan. 

Saifudin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi menyebutkan, program lubuk larangan sampai saat ini berjalan dengan baik. "Meskipun kemarin sempat banjir, tapi lubuk larangan kita tetap aman," ujarnya.

Adapun program lubuk larangan tersebut merupakan upaya untuk mempertahankan ikan-ikan khas jambi yang saat ini hampir punah. Saifudin menjelaskan, lubuk larangan terdiri dari sungai ataupun danau, yang dipelihara, dirawat dan diisi oleh ikan-ikah khas Jambi yang kemudian dibudidayakan.

Untuk dapat diketahui, sungai maupun danau dari program lubuk larangan tersebut diberikan zona-zona tertentu, sehingga masyarakat tidak dapat dengan sembarangan memancing di lokasi tersebut. Bahkan saifudin mengatakan, jika melanggar, denda yang diberikan pun cukup besar, hingga Rp 1 juta lebih.

"Dia itu ada 3 zona. Zona ekonomi, penyangga, dan zona inti. Masyarakat cuma boleh memancing di zona ekonomi. Kalau melanggar, dendanya sampai satu juta lebih. Itu sudah jadi hukum adat," ujarnya.

Reporter : Novriana Dewi

 

comments