You are here: Daerah PT KIM Termasuk Perusahaan Nakal

PT KIM Termasuk Perusahaan Nakal

PDFCetakEmail

BUNGO – Perusahaan batubara PT Kuansing Inti Makmur (KIM) memiliki latar belakang yang jelek. Hingga kini perusahaan batubara yang bergerak di Jujuhan ini belum memenuhi kewajiban membayar hibahnya ke Pemerintah Kabupaten Bungo. Ini diketahui setelah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bungo dari Fraksi PAN menyampaikan pandangan umum fraksi terhadap nota pengantar LKPJ Bupati Bungo tahun 2011.

Fraksi PAN meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) Bungo memberi tindakan tegas kepada perusahaan nakal terkait tak terpenuhinya target hibah dari perusahaan batubara. Juru bicara Fraksi PAN Martunis mengatakan, dana hibah merupakan salah satu sumber PAD yang cukup signifikan untuk menunjang pembangunan. Namun sangat disayangkan pencapaian target yang dituangkan dalam APBD sampai saat ini belum terpenuhi, terutama hibah dari PT KIM.

Dalam padangannya Martunis mengatakan, bahwa hal ini menunjukkan betapa lemahnya kinerja Pemkab dalam hal ini Dinas ESDM di bawah pimpinan HM Hidayat. “Untuk itu kami Fraksi PAN meminta Bupati segera mengambil langkah kongkrit,” ujarnya.

Ditegaskannya, Pemkab harus bisa memberi tindakan terhadap perusahaan yang tidak memberikan kontribusi bagi daerah. “Kami tantang pemerintah untuk mengambil tindakan tegas bagi perusahaan nakal. Kalau dipandang perlu, tutup paksa perusahaan tambang batubara tersebut, apabila mereka tidak memenuhi kewajiban mereka kepada pemerintah, untuk tahun 2011 dana hibah dari sektor batubara ini sebesar Rp 38 miliar,” papar Martunis. (Reporter: Bujang Syarbaini)

comments