You are here: Daerah Sekcam Dituntut Berkerja dengan Baik

Sekcam Dituntut Berkerja dengan Baik

PDFCetakEmail

SAROLANGUN- Seluruh sekretaris kantor kecamatan (Sekcam) yang ada di Kabupaten Sarolangun kemarin ditekankan agar mengerti dan memahami betul tugas-tugas. Pasalnya Sekcam salah satu motor penggerak majunya serta suksesnya Camat dalam memimpin di kecamatan. Hal ini dikatakan oleh Asisten I, Bagian Pemerintahan Pemkab Sarolangun H Ambiar Usman pada Bintek seluruh Sekcam se-Kabupaten Sarolangun di aula Hotel Abadi Sarolangun kemarin.

Dikatakan Ambiar, tugas-tugas yang harus dilakukan Sekcam itu banyak sekali. Jadi Sekcam harus memang mengerti dan memahami tugas-tugas yang akan dilaksanakanya. Baik itu soal administrasi, hukum dan juga mengenai pengelolaan keuangan di kecamatan. “Ada beberapa hal, seperti masalah administrasi, hukum dan juga soal pengelolaan keuangan, Sekcam harus mengetahuinya,” kata Ambiar.

Untuk itu ia berharap pada bimbingan teknis yang diberikan kepada Sekcam tersebut, nantinya mendapat ilmu pengetahuan yang lebih baik untuk dibawa ke kecamatan masing-masing. “Sekcam itu adalah motor dari Camat ataupun dapurnya camat. Jika Sekcamnya bagus dalam berkerja baik dalam administrasi dan mengetahui aturan dan tata cara pengelolaan keuangan maka hasilnya adalah kesuksesan bagi Camat yang memimpin,” ujar Ambiar.

Ambiar juga menyebutkan, para Sekcam juga harus memahami perbedaan Camat pada masa berlakunya Undang-Undang Nomor 5 tahun 1974, yang mana Camat adalah sebagai kepala wilayah atau penguasa tunggal. Tapi saat ini telah dirubah dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004, Camat adalah perangkat daerah atau kepala SKPD. “Kalau kepala wilayah penguasa tunggal. Tapi kalau kepala SKPD sifatnya pelayanan,” pungkasnya. (Reporter:Luncai Hendri)

comments