You are here: Daerah Sengketa Lahan Jadi Perhatian

Sengketa Lahan Jadi Perhatian

PDFCetakEmail

Puluhan warga saat mendapat arahan dari Polres Tanjabtim.(F:dok)MUARASABAK-Banyaknya permasalahan sengketa lahan yang belum tuntas menjadi perhatian khusus sejumlah anggota DPRD Tanjabtim. Pengaduan warga menyangkut persoalan lahan mereka sudah beberapa kali masuk ke DPRD.

Dalam permasalahan ini anggota parlemen mengakui sulitnya penyelesaian segketa lahan. "Penyelesaian sengketa lahan memang butuh waktu yang tidak sebentar," kata Mujiono, wakil rakyat dari Partai Demokrat.

Bahkan menurut Mujiono, pada setiap kesempatan dirinya dan rekan-rekan anggota DPRD menyatakan kepada warga yang bersengketa bahwa penyelesaian ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.  "Perlu proses panjang," ucapnya.

Untuk saat ini lanjut Mujiono, yang paling sulit untuk menyelesaikan sengketa kebanyakan sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan. Dan masing-masing mengklaim lahan tersebut milik mereka.

"Permasalahan ini banyak sekali pihak yang dilibatkan untuk membuktikan kepemilikan lahan sengketa itu," terangnya. Saat ditanya sebagai salah satu mediator antara kedua belah pihak bisa memihak kesalah satu pihak ? Dengan tegas dikatakan Mujiono, pihaknya tidak akan memihak. Silahkan kedua belah pihak menunjukkan bukti-bukti kepemilikan lahan. "Jika itu dimenangkan dan dibuktikan dengan dokumen lengkap maka tidak akan ada tuntutan kepada yang kalah," tandasnya. (Reporter:Nanang)

comments