You are here: Dunia Jeddah Bikin Menara Setinggi 1 Km

Jeddah Bikin Menara Setinggi 1 Km

PDFCetakEmail

F:JPNNJEDDAH-Persaingan bergengsi dalam membangun pencakar langit di dunia kian seru. Arab Saudi segera membangun Menara Kerajaan atau Kingdom Tower setinggi satu kilometer di Jeddah. Kelak menara tersebut menjadi bangunan terbesar dan tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa di Dubai.

Perusahaan Inggris Mace yang pernah membangun Shard Saudi, menara tertinggi di Eropa, telah menandatangani kontrak pembangunan Kingdom Tower. Nilai kontrak itu GBP 780 juta (Rp 11,5 triliun). Mace juga pernah membangun sejumlah menara yang menjadi tetenger paling terkenal di London seperti London Eye. Perusahaan tersebut bakal bekerja sama dengan EC Harris, perusahaan konstruksi asal Inggris, untuk membangun menara terbesar itu. Pembangunan ditarget rampung 2018.

Kingdom Tower yang akan dibangun di lahan 500 ribu meter persegi itu berhadapan langsung dengan Laut Merah dan diperkirakan mengambil alih gelar menara tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai. Menara yang semakin tenar saat menjadi salah satu lokasi syuting film aksi Mission Impossible 4 tersebut berdiri setinggi 828 meter.

Hingga kabar ini dilansir, pihak Mace enggan mengungkapkan detail tinggi total Kingdom Tower. Mereka menyatakan akan merahasiakan hingga pembangunan diselesaikan. Namun, berdasar informasi yang beredar, tinggi Kingdom Tower bakal mencapai 1.401 meter.

Pembangunan tersebut, diungkapkan miliarder Pangeran Al-Waleed bin Talal, merupakan bagian dari pengembangan wilayah Kingdom City di utara Jeddah. Program pengembangan wilayah tersebut diprediksi memakan anggaran GBP 13 miliar (Rp 192 triliun).

Menara tersebut dirancang perusahaan Amerika Adrian Smith + Gordon Gill Architecture. Ketika desain pencakar langit tersebut kali pertama dipamerkan pada Agustus 2011, disebutkan bahwa bangunan itu akan berdiri di atas tiga kaki dan memiliki bagian sayap meruncing yang bakal menghasilkan bentuk aerodinamis untuk mereduksi efek tekanan angin.

Setiap sisi akan membentuk lekukan yang bisa menciptakan bayangan untuk melindungi wilayah sekitar bangunan dari matahari. Selain itu, di bagian depan terdapat teras ruang terbuka dengan pemandangan menakjubkan Kota Jeddah dan Laut Merah. (cak/c4/ami/jpnn)

 

comments