Pemkot Siap Laksanakan BPJS

PDFCetakEmail

JAMBI- Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi siap melaksanakan program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Saat ini, Pemkot telah melakukan sejumlah persiapan. "Di tingkat pusat sendiri sampai hari ini kan belum ada ketetapan tentang program tersebut, belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya. Tapi kita siap melaksanakannya," kata Walikota Jambi, Sy Fasha.

Dia mengatakan, dalam bidang sarana dan prasarana, Pemkot telah mengajukan anggaran untuk menambah dan mempersiapkan jumlah layanan primer (Puskesmas) yang standby selama 24 jam. "Ada 5 Puskesmas yang kita siapkan. Di 2014 sudah harus beroperasi," sebutnya.

Dalam bidang SDM, ucap dia, Pemerintah Kota juga mulai menyekolahkan dokter-dokter muda agar memiliki kemampuan spesialisasi dalam bidang penyakit tertentu. "Kita juga akan merekrut dokter-dokter muda sebagai tambahan SDM dalam bidang kesehatan," kata Fasha.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Jambi, Ida Yuliati mengatakan, pihaknya telah melatih SDM dalam soal asiditer untuk persiapan BPJS ini. "SDM yang kita persiapkan itu harus tahu bagaimana cara pengklaiman dalam berobat yang ditetapkan oleh BPJS nantinya," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan mempersiapkan sistem distribusi obat yang telah ditentukan oleh BPJS. "Selama ini kan obat-obatan disiapkan oleh Apotik, namun dalam BPJS nanti, rumah sakit yang akan menyediakan obatnya. Nah sistem ini yang perlu disiapkan dan dipelajari," katanya. Ida juga menyatakan, pihaknya sepakat untuk menambah jumlah tempat tidur di rumah sakit umum kota  menjadi 300 unit di RS kota. “Ini juga mengantisipasi banyaknya jumlah pasien BPJS kesehatan yang akan berobat di RS," pungkasnya.

Reporter: Amril Hidayat

comments