You are here: Home Kesehatan 2014, Masyarakat Indonesia Dapat Jaminan Kesehatan

2014, Masyarakat Indonesia Dapat Jaminan Kesehatan

PDFCetakEmail

IlustrasiASURANSI kesehatan ternyata belum dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia. Hingga kini, belum ada semacam jaminan kesehatan bagi setiap warga negara yang disediakan pemerintah. Hingga kini hanya setengah jumlah penduduk Indonesia yang dilindungi asuransi kesehatan. Kelompok masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan meliputi sebagian pekerja formal dan sebagian besar pekerja informal

Wakil Menteri Kesehatan, Prof. Ali Ghufron Mukti, memaparkan bahwa kesehatan adalah hak asasi sekaligus investasi, di mana semua warga negara berhak atas pelayanan kesehatan.

Rencananya, di tahun 2014, pemerintah akan menetapkan sistem yang mengatur pembiayaan dan pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak melalui sistem Jaminan Kesehatan. Jaminan kesehatan merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Sama seperti asuransi, masyarakat wajib membayar iuran, kecuali warga miskin dibayar pemerintah. Dengan demikian, seluruh penduduk baik kaya atau miskin akan dijamin untuk memperoleh pelayanan kesehatan perseorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, termasuk obat dan bahan medis siap pakai.

Diharapkan jaminan kesehatan yang akan berlaku dua tahun lagi ini menjadi solusi bagi pemenuhan hak penduduk untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas. (Innes/ghiboo.com)

 

comments