You are here: Home Otomotif Merubah Tampilan Bebek yang Lembut

Merubah Tampilan Bebek yang Lembut

PDFCetakEmail

Motor bebek yang siap melibas jalanan.(F:Moezaffar)JAMBI- Motor bebek memang identik untuk areal perkotaan. Namun di tangan Sudar, punggawa modifikasi dari Anugrah Jaya Kota Jambi, motor tersebut berubah jadi garang dan dipersiapkan untuk melibas daerah-daerah yang tidak bisa dilalui motor bebek. Aroma lembut dari bebek, salah satunya jenis Honda, ditangannya berubah temperamen 180 derajat. Semua tampilan dipreteli dan diubah sesuai peruntukannya.

“Yang tidak berubah mesin dan nomor rangka,” jelas Sudar.Menurutnya, perubahan drastis ini memang butuh waktu lama, setidaknya satu minggu untuk menyelesaikan proyek ini. Beberapa bagian yang diubah antara lain. Lampu depan ini memang khusus lampu trail milik Kawasaki menggantikan lampu bawaan pabrik. Begitu juga sokbreker depan kudu diganti juga, karena sok standar tidak mungkin dipasang untuk melahap areal bergelombang.

Bukan itu saja, spatboard depan juga menyesuaikan dan juga wajib diganti. Untuk keseimbangan,menurut Sudar, sok tunggal lebih efektif dibandingkan dengan sok double.

Faktor keselamatan pengendara juga menjadi point penting dalam perubahan ini. Rem yang dulunya tromol, musti diganti lebih pakem, yakni rem cakram. Usai merubah penampilan, tenaga juga butuh ditingkatkan. Karena arena yang akan dilewati nanti bukan lagi aspal tapi offroad. “Knalpot diganti untuk mendongkrak tenaga,” jelas Sudar. (Reporter: Moezaffar)

comments