You are here: Home Otomotif Mobil Sport untuk Keluarga

Mobil Sport untuk Keluarga

PDFCetakEmail

New VW Touran. Foto : Autocar Indonesia/Arif H.PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM (agen pemegang merek) Volkswagen (VW) di Indonesia memboyong New Touran di pertengahan 2011 lalu. Model anyar Touran mengalami sedikit perubahan. VW megubah grille, bumper, lampu depan, lampu belakang, serta 'roof rails', lengkap dengan velg baru 16 inci.Terlihat tampilan modern dan dinamis dari luar, dan tidak lagi membosankan seperti model sebelumnya. Selain itu, berkat perubahan eksterior, nilai hambatan angin (Cd) Touran juga membaik dari 0,31 menjadi 0,29.

Beralih ke interiornya, VW mengedepankan karakter sederhana di jok, dan desain interior masih serupa dengan versi sebelumnya. Hanya saja, tampilan konsol tengah kini lebih modern dengan 'backlighting for the dials' dan 'electronic display' yang lebih besar. Sistem audionya kini lebih baik dengan head unit tipe RCD 310 dengan radio dan MP3 player, serta sanggup memutarkan iPod. Dari segi kelapangan, New Touran memberi keleluasaan serupa versi lawas. Blind spot dari kokpit mobil ini sangat minim. Selain itu, berkat audio switch dan pengaturan MID (multi information display) yang tertanam pada setir, kita bisa lebih fokus mengemudi.

Sayangnya sebagai mobil keluarga yang perlu kenyamanan, posisi headrest yang terlalu tegak membuat kami kesulitan mendapatkan posisi yang nyaman untuk bagian kepala.Pada baris ketiga, penumpang akan merasa cepat kelelahan, karena sempitnya leg room. Namun, hal ini tentu bisa dikompromikan dengan mengatur bangku baris ketiga. Volume bagasinya menawarkan kapasitas 695 liter ketika kursi baris ketiga dilipat. Lalu bertambah jadi 1.913 liter ketika kursi tengah dilipat.

Mesinnya masih sama dengan model lama: 4-silinder DOHC berteknologi TSI berkapasitas 1.390 cc. Tenaga maksimumnya 140 hp pada 5.600 rpm dan torsi 220 Nm pada 1.500-4.000 rpm. Inilah yang dengan jelas memberikan kesan sportif. Tenaga mesin dengan gabungan supercharger dan turbocharger ini terasa terus mengisi di setiap putaran mesin. Kemudian, transmisinya telah dilengkapi dual clutch 7-speed dan sistem perpindahan tiptronic. Saat kami mengujinya, kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, sehingga jalanan basah. Kami merasakan bahwa mobil ini bukan seperti MPV biasa dan kami menyebutnya "family sport car".

Performanya cukup mengesankan, walaupun gejala limbung cukup terasa saat menikung di kecepatan 60-70 kpj. Namun, hal itu dapat dimaklumi, karena ini adalah mobil MPV, bukan sedan. Kesenangan kami menguji Touran mulai terasa ketika melesat di atas 100 kpj: stabil dan percaya diri. Namun, di kecepatan rendah, mobil ini pun sangat menyenangkan. Pedal gas terasa ringan, sehingga kami tidak kelelahan meski jalan macet.

Namun, saat diperlukan untuk berkelit di kecepatan rendah, transmisinya terasa lambat dalam bereaksi, meskipun setelah itu sistem DSG terasa memindahkan gigi dengan akurat. New Touran menggunakan suspensi depan MacPherson strut and 3-point wishbone dan anti roll bar, serta 4-link axle dengan integral anti roll bar di belakang. Suspensi belakang ini terasa keras saat mobil melaju dalam keadaan kosong. Racikan suspensi belakang dibuat lebih keras karena disinyalir untuk menyesuaikan dengan kontur jalan di Indonesia.

Itulah yang membuat bantingan Touran terasa keras. Selain kenyamanan, faktor keselamatan juga perlu diperhatikan untuk sebuah mobil keluarga. Dan VW menerapkannya dengan baik pada New Touran. Terbukti dari uji keselamatan EuroNCAP (New Car Assessment Program di Eropa) New Touran berhasil mendapatkan bintang lima, atau berhasil memberi perlindungan yang baik untuk penumpang di kabin. Fitur-fitur keselamatan yang terdapat pada New Touran antara lain, enam air bag yang terbesar merata di kabin, mulai dari bagian pengemudi dan penumpang depan serta sisi kiri-kanan penumpang deret kedua dan ketiga.

Selain itu, Touran dilengkapi electronic stability programme (ESP), ABS dengan electronic brake-force distribution (EBD), sistem hydraulic brake assist (HBA), traction control system, dan electronic differential lock (EDL). Jika melihat pasar mobil di Indonesia, New Touran sepertinya akan bersaing ketat dengan Peugeot 5008 dengan ukuran dan kelas yang sama. Hanya saja, kenyamanan di dalam 5008 sepertinya sulit ditandingi oleh Touran. Yang menjadi daya tarik mobil ini adalah, cita rasa berkendara layaknya mobil sport yang responsif, yang tidak dimiliki MPV lain. New Touran 1.4 TSI AT yang kami uji dibanderol Rp420 juta (on the road). Harganya lebih murah sekitar Rp 12,5 juta ketimbang Peugeot 5008 yang dibanderol Rp 432,5 juta.

Keunggulan
- Perpindahan transmisi halus
- Luas kabin saat jok baris ketiga dilipat
- Fitur keselamatan

Kekurangan
- Harga tidak ekonomis
- Bantingan keras
- Interior sederhana

Data Teknis
New VW Touran
Harga Rp 420 juta, Mesin 4-silinder DOHC TSI 1.390 cc, Tenaga 140 hp @5.600 rpm, Torsi 220 Nm @1.500-4.000 rpm, Transmisi 7-speed dual clutch gearbox (DSG) dengan Tiptronic, BBM 12,5 kpl

Majalah Autocar Indonesia

 

comments