You are here: Home Pendidikan Disdik Masih Siapkan Juknis Pendaftaran Sekolah Sistem Online

Disdik Masih Siapkan Juknis Pendaftaran Sekolah Sistem Online

PDFCetakEmail

IlustrasiJAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi hingga saat ini masih menyiapkan petunjuk teknis (juknis) untuk pendaftaran sekolah sistem online. Ini dikatakan Kadisdik Kota Jambi, Rifa'i, saat dikofirmasi sejumlah wartawan, Kamis (16/5). "Juknisnya sudah tahap finishing. Insya Allah dalam waktu dekat juknis sudah disampaikan," kata Rifa'i.

Rifa'i menjelaskan, untuk pendaftaran sistem online tetap dilakukan di sekolah-sekolah yang membuka pendaftaran sistem online. Saat mendaftar, siswa atau orangtua menyerahkan identitas maupun nilai. "Nanti di sekolah akan ada operator yang akan memprosesnya, dan nilai tersebut langsung dikirimkan ke pusat," jelas Rifa'i.

Setelah data calon siswa dikirimkan ke pusat, Rifa'i mengatakan perkembangan nantinya bisa dipantau lewat wibsite yang telah ditetapkan. Menurut Rifa'i, data tersebut nantinya akan berubah-rubah. "Misalnya seperti ini, saat anak saya mendaftar, dia berada di peringkat pertama. Kemudian ada lagi yang lain mendaftar, ternyata nilainya lebih tinggi, maka peringkat anak saya akan turun. Jadi data tersebut akan terus berubah," terangnya.

Sementara itu untuk sekolah yang tidak membuka pendaftaran online, Rifa'i mengatakan sistem pendaftaran tetap seperti sebelum-sebelumnya. "Kalau untuk sekolah biasa, pendaftarannya tetap manual, tidak pakai internet," tandasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, sekolah-sekolah yang direncanakan akan membuka sistem pendaftaran online adalah SMP 1 dan SMP 7. Kemudian ada lagi SMA 1 dan SMA 3.

Reporter : Ikbal Ferdiyal

 

comments