You are here: Home Pendidikan SIT Nurul Ilmi Wisuda Tahfidz

SIT Nurul Ilmi Wisuda Tahfidz

PDFCetakEmail

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Jambi memberikan sertifikat kepada salah satu hafidzoh.(F:Ryance)JAMBI–Sebanyak 202 tahfizd dari Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi, Sabtu (28/4) diwisuda. Tahfidz yang terdiri dari beberapa siswa kelas II hingga kelas VII tersebut, telah mampu menghatamkan hafalan juz 29 dan juz 30. Hadir dalam kesempatan tersebut gubernur Jambi yang diwakili staf ahli bidang hukum dan politik, Husni Jamal, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Jambi, Sukarman, Kepala SD IT Nurul Ilmi, Jasrul, Kepala SMP IT Nurul Ilmi, Juanda, orangtua siswa dan tamu undangan lainnya.

Ketua yayasan SIT Nurul Ilmi yang diwakili, Jasrul mengatakan, wisuda tahfidz di SIT Nurul Ilmi tersebut merupakan yang pertama kali. “Yang diwisuda kali ini cukup banyak. Lebih dari 10 persen dari jumlah siswa yang ada. Siswa kita ada sekitar 930 dan tahfidz yang diwisuda ini mencapai 202 orang,” ujarnya.
Dengan diwisudanya tahfidz tersebut, dia berharap bisa memberikan motivasi terhadap peserta didik lainnya, baik yang ada di SIT Nurul Ilmi maupun di sekolah lainnya dan umumnya masyarakat Jambi.

Hafalan Qur’an itu sendiri, menurutnya, salah satu progam unggulan dari SIT Nurul Ilmi. Dimana, ketika lulus dari SIT Nurul Ilmi siswa harus memiliki hafalan Al-Qur’an juz 29 dan juz 30. Ia katakan, menghafal Al-Qur’an menurutnya merupakan hal yang tidak sulit jika dimulai sejak dini. Untuk itu, sejak dini anak harus dibiasakan untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an. Jasrul juga berharap, orangtua dapat memberikan motivasi yang tinggi terhadap anaknya untuk menghafal Al-Qur’an. Karena selama ini menurutnya orangtua masih belum maksimal mendukung anaknya. Sehingga apa yang diterapkan di sekolah tidak sinergi dengan di rumah.

Hafalan Al-Qur’an tersebut menurutnya juga sangat tepat untuk mengurangi buta baca Al-Qur’an. Karena dari survei, menurutnya, Jambi masih memiliki sekitar 12 ribu orang yang buta baca Al-Qur’an. Dengan adanya progam seperti in, dia berharap ke depannya bermunculan hafidz di Provinsi Jambi. Sehingga Jambi akan selalu mendapatkan rahmat dari Allah SWT. “Untuk memaksimalkan hafalan Al-Qur’an, nantinya kami juga berencana mengasramakan siswa yang memiliki hafalan cepat. Alhamdulillah saat ini kami sudah memiliki lokasinya dan dalam proses pembangunan,” ungkapnya.

Program ini, menurutnya, juga bisa untuk pembentukan karakter siswa. untuk itu,  dia berharap sekolah lain juga memiliki progam seperti itu. Dalam kesempatan tersebut, gubernur Jambi yang diwakili staf ahli bidang hukum dan politik, Husni Jamal memberikan apresiasi yang tinggi atas diwisudanya tahfidz Al-Qur’an.
“Perhatian untuk pengembangan progam hafalan Al-Qur’an dari SIT Nurul Ilmi patut dihargai dan didukung. Ini bukanlah perkara yang mudah, baik untuk guru pembimbing maupun peserta didik sendiri,” sebutnya. Untuk itu, menurutnya, perlu disertai dengan kesadaran tinggi untuk mendukung program ini dalam menjaga akhlak yang mulia dan nantinya ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat. Dia juga berharap, supaya peserta didik tidak pernah puas bisa menghafal Al-Qur’an juz 29-30 saja, dan hafalan tersebut menurutnya juga dapat dipadukan dengan kemampuan memahami kandungan memahami isinya. Di samping itu, hafalan seperti itu menurutnya bisa menjadi bekal bagi peserta didik ketika terjun di masyarakat. (Reporter:Kholis)

comments