You are here: Home Pendidikan Masih Terbuka Kesempatan Raih Beasiswa

Masih Terbuka Kesempatan Raih Beasiswa

PDFCetakEmail

Pengajuan Permohonan Berakhir 14 Mei
Idham Kholid.(F:dok)JAMBI–
Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan sekolah dan berharap mendapatkan beasiswa pemerintah, masih ada waktu. Dinas Pendidikan Provinsi (Disdik) Provinsi Jambi masih membuka peluang untuk mengajukan permohonan kepada gubernur mendapatkan beasiswa S1, S2 dan S3. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Idham Kholid ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, permohonan mengajukan beasiswa itu sudah dibuka sejak tanggal 17 April lalu dan akan berakhir pada tanggal 14 Mei mendatang. “Silakan mengajukan permohonan kepada gubenrnur Jambi melalui Disdik Provinsi Jambi,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk jumlah penerima beasiswa S1 pada tahun 2012 ini sebanyak 2000 orang. Namun untuk S1 langsung direkrut oleh perguruan tinggi mereka masing-masing. Disdik hanya membuat petunjuk teknisnya saja. Sedangkan untuk beasiswa S2, tahun ini dibagi beberap item, khusus untuk guru dialokasikan sebanyak 40 orang dan umum sebanyak 65 orang. Sedangkan S3 dialokasikan untuk 62 orang.  “Inikan ada dua jenis beasiswa. Yaitu, ada yang umum dan ada yang khusus. Yang khusus ini hanya untuk orang-orang yang berprestasi. Untuk anggaran, sama dengan tahun yang lalu,” katanya kepada sejumlah wartawan di halaman kantor gubernur Jambi, kemarin.

Untuk syarat permohonan beasiswa, jelasnya, selain mengajukan permohonan kepada gubernur Jambi melalui Kepala Disdik Provinsi Jambi, khusus untuk S1 harus membuat Surat Keterangan dari dekan yang menyatakan bahwa orang bersangkutan benar kuliah pada perguruan tinggi tersebut. Syarat lainnya yakni fotokopi transkip nilai dengan IPK minimal 2,75 untuk eksakta dan non eksata 3,00 dan melampirkan Kartu Hasil Studi (KHS). Sementara khusus PNS diprioritaskan dengan masa kerja minimal 2 tahun dan mendapat izin tertulis dari atasan langsung. Beasiswa S1 umum dalam Provinsi Jambi proses seleksinya dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan dan diusulkan ke gubernur Jambi melalui Disdik secara kolektif.

Selain itu, beasiswa S1 umum dalam Provinsi Jambi, diutamakan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah/kepala desa setempat dengan melampirkan kartu miskin. Sedangkan untuk beasiswa S1 khusus, proses seleksinya dilaksanakan oleh Disdik Provinsi Jambi, untuk S1 umum luar Provinsi Jambi proses seleksinya juga dilakukan Disdik Provinsi (Disdik) Jambi. Menurut Idham, pihaknya lebih mengutamakan fakultas jurusan yang tidak ada dalam Perguruan Tinggi (PT) di Provinsi Jambi.

Kemudian, syarat yang lain yakni harus melampirkan fotokopi rekening bank yang dilegalisir oleh bank bersangkutan atas nama sendiri, fotokopi kartu mahasiswa, fotokopi KTP yang bersangkutan dan kedua orangtua. Sementara bagi orangtua yang sudah meninggal dapat diganti dengan surat keterangan di atas materai 6000 diketahui Ketua RT atau lurah.  Untuk S2 Khusus Bantuan Beasiswa insidentil harus melampirkan ringkasan proposal tesis tentatif yang dapat memperlihatkan signifikansi program studi yang diambil bagi kebutuhan pembangunan Provinsi Jambi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk bantuan beasiswa prioritas, melampirkan surat keterangan dari direktur pascasarjana yang menyatakan bahwa orang yang bersangkutan benar kuliah di program pascasarjana. Atau surat pernyataan/surat perjanjian atau surat keterangan telah lulus tes. Selain itu, untuk bantuan beasiswa prioritas melampirkan fotokopi ijazah dan transkip nilai S1 minimal IPK 2,75 bagi jurusan eksakta dan 3.00 bagi jurusan non eksakta. Sedangkan bantuan beasiswa insidentil melampirkan KHS. Sementara beasiswa S3, untuk syarat-syarat sama dengan permohonan S3. (Reporter:Anton)

comments