You are here: Home Pendidikan Akreditasi IAIN Selesai Tahun Ini

Akreditasi IAIN Selesai Tahun Ini

PDFCetakEmail

Mukhtar Latief: Sudah 75 Persen
JAMBI-
Akreditasi jurusan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi yang diajukan beberapa waktu lalu diyakini selesai tahun ini. Bahkan untuk saat ini, sudah 75 persen siap. Mantan Rektor IAIN, Mukhtar Latief mengatakan, pengurusan akreditasi itu kini masih terus berlangsung. “Insya Allah tahun ini selesai, sekarang sudah 75 persen,” terangnya via ponsel kemarin.

Dia mengatakan, pengajuan yang disampaikan oleh IAIN itu berupa pengajuan perpanjangan jurusan yang hanya memiliki izin. Seperti, jurusan tafsir hadits, filsafat untuk fakultas ushuluddin, dan jurusan ekonomi islam, hukum islam serta jurusan filsafat dalam program pasca sarjana atau S2. “Sebagian sudah selesai,” kata dia.
Selain itu, IAIN juga akreditasi jurusan yang masih rendah. Ini masih diproses di pusat “Saat ini kita masih menunggu,” terangnya.  Menurut dia, belum terkareditasinya beberapa jurusan yang ada di IAIN inilah yang menjadi penghambat IAIN untuk menuju Universitas Islam Negeri (UIN). Apalagi ada persyaratan menambah tiga Fakultas baru. “Kita sama-sama berdoalah supaya berhasil,” katanya.

Selain itu, IAIN juga melakukan pengembangan program doktor. Program tersebut, dikatakan Muhtar latif, sudah dirintis pada tahun-tahun yang lalu. Syukri Saleh, Direktur Pasca Sarjana IAIN STS Jambi juga mengakui, ada beberapa program di pasca sarjana belum terakreditasi. Diantaranya seperti ekonomi islam, filsafat dan hukum islam. “Itu lagi diajukan, proses pengajuan ke Kementerian Agama. Itu memang ada seperti program untuk ekonomi islam, hukum islam dan filsafat ini yang SK-nya sejak 2007,” katanya.

Dia mengatakan, pengajuan mengenai hal tersebut dilakukan ke Kementerian Agama. “Sudah diajukan perpanjangan untuk 2012 ini. Upaya kita selaku direktur program pasca, kita sedang bekerja,” ungkapnya. Sayangnya, Rektor IAIN STS Jambi, Hadri Hasan belum mau berkomentar mengenai hal ini. Ketika dikonfirmasi kemarin ia hanya mengatakan masih dalam proses. “Saya no comendt dululah, masih dalam proses,” kata dia.  Hanya saja, beberapa waktu lalu ia mengatakan untuk jurusan yang belum terakreditasi tersebut sudah diurus dan telah diajukan ke pusat. Dalam masalah ini, dikatakannya, IAIN tidak boleh mundur,” katanya. Dia berkeyakinan, masalah tersebut akan segera selesai. “Kita upayakan, dikarenakan mantan rektor kita sudah duduk di direktur disana. Tidak mungkin dia tidak membantu kita,” jelasnya kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Apakah dalam waktu dekat masalah tersebut clear? Dia tidak memberikan kmoentar lebih jauh. Dia hanya mengatakan, IAIN telah melakukan upaya. “Yang jelas, usulan tersebut sudah sampai disana. Saat ini kita hanya menunggu,” ujarnya lagi. Dia mengatakan, tidak akan membiarkan IAIN itu menjadi STAIN. Saat ditanyakan apa yang menjadi kendala sehingga beberapa jurusan itu belum terakreditasi adalah dikarenakan keterlenaan IAIN dalam mengurusi persoalan internal IAIN beberapa waktu lalu. “Yang menjadi kendala kita mungkin selama ini karena kondisi internal kita selama ini seperti yang kita tahu, sehingga terabaikan,” ujarnya. “Jadi kita sibuk menyelesaikan masalah intern di dalam kampus,” sambungnya. Dia mengaku optimis penyelesaian akreditasi itu bisa diselesaikan. “Persyaratan itu untuk diakreditasi tidak terlalu sulit, tinggal pemenuhan syarat saja. Yang banyak itu sudah terakreditasi namun sudah expired. Kita juga mendapatkan sinyal yang baik dari pusat. Arahan sudah kita berikan kepada dekan setiap fakultas juga,” ucapnya. (Reporter: Anton)

 

comments