You are here: Home Pendidikan Ucapkan Janji Siswa Sebelum Pelajaran Dimulai

Ucapkan Janji Siswa Sebelum Pelajaran Dimulai

PDFCetakEmail

JAMBI – Untuk terus mengingatkan siswa terhadap tujuannya datang ke sekolah, MTs An-Nizom memiliki progam, dimana, setiap pagi sebelum masuk kelas, siswa terlebih dahulu mengucapkan janji siswa. Menurut Ibrahim Syargawi, kepala MTs An-Nizom, pengucapan janji siswa ini, supaya siswa tidak lupa tujuannya untuk apa datang ke sekolah setiap hari, serta tugasnya sebagai siswa.

“Cara ini juga sebagai salah satu cara, agar siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, karena terus diingatkan dengan pengucapan janji siswa yang dilakukan setiap pagi ketika mau masuk kelas,” ujarnya. Pengucapan janji siswa tersebut, diucapkan secara bersamaan, yang dilanjutkan dengan berdo’a. Menurutnya, dimulai dari hal kecil ini, siswa akan termotivasi untuk bersikap disiplin dan menaati tata tertib sekolah. Karena, dalam janji siswa tersebut, disebutkan bagaimana tugas dan tanggung jawab siswa.

Lebih lanjut ia katakan, sebagai salah satu intitusi pendidikan yang bercirikan Islam, pihaknya menekankan supaya peserta didiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan keagamaan secara luas. Untuk itu, setiap hari Sabtu siswa diberikan waktu secara luas untuk dibimbing dan dibina dalam pengembangan diri, seperti iqra’, praktik sholat, muhadhoroh, cara memandikan jenazah dan lain sebagainya.

Dalam bidang lain, seperti olahraga dan seni, siswa juga diberikan pembinaan dan fasilitas yang cukup, seperti nasyid, dimana semua peralatannya telah disediakan sekolah. Begitu juga dengan berbagai fasilitas olahraga. “Dengan menyediakan waktu dan media untuk pengembangan minat dan bakat siswa, kami berharap muncul bakat-bakat siswa, baik dalam bidang akademik, keagamaan maupun non akademik,” paparnya. Untuk mengasah keterampilan siswa, pihaknya juga sering mengikutkan peserta didik, untuk mengikuti berbagai even, baik untuk tingkat kota maupun Provinsi.Dirinya berharap, dengan hal ini, muncul sikap kemandirian siswa dan mental keberanian, sehingga, bisa menjadi motivasi untuk mengasah potensi yang dimiliki, tidak hanya pada tingkat sekolah. (Reporter:Kholis)

comments