You are here: Home Pendidikan Hari Ini, Pengumuman PSB SMA

Hari Ini, Pengumuman PSB SMA

PDFCetakEmail

Rifai: Jangan Ada yang Lakukan Pungutan Sebelum Sebulan
Ribuan siswa bersama orangtuanya mengambil formulir PSB beberapa waktu lalu.(F:dok)KOTAJAMBI
- Setelah hasil tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) tingkat SMP di Kota Jambi diumumkan beberapa waktu lalu, hari ini (Senin) giliran hasil tes PSB untuk tingkat SMA. Disampaikan Koordinator Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Kota Jambi, Sofyan pengumuman akan dilakukan secara bersamaan di masing-masing sekolah.

‘’Besok (hari ini) hasil tes akan diumumkan di sekolah jam empat sore (16.00 WIB),” ungkap Sofyan. Dia mengatakan, untuk PSB di SMA dan SMK negeri dilakukan dengan cara tes, dimana pengumuman dilakukan di sekolah yang dituju. Sofyan menambahkan, untuk SMA di Kota Jambi sendiri berjumlah 11 SMA negeri. Dua di antaranya adalah SMAN 1 dan SMAN 3 sudah duluan mengadakan tes. ‘’Jadi yang akan mengumumkan besok (hari ini) adalah sembilan sekolah, ditambah 4 SMK,” katanya.

Ditanya bagaimana dengan siswa yang tidak terjaring di sekolah negeri, dia mengatakan bagi siswa yang tidak terjaring di sekolah negeri masih berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Karena di Kota Jambi juga masih banyak terdapat sekolah swasta. Sementara itu, terkait dengan keluarnya hasil tes PSB, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Rifai kembali mengingatkan pihak sekolah untuk tidak melakukan pungutan ketika dilaksanakan daftar ulang.

Untuk melakukan pungutan, menurutnya dilakukan setelah satu bulan siswa duduk di sekolah, dan berdasarkan persetujuan orang tua siswa yang baru. ‘’Saya ingatkan jangan sampai ada yang melakukan pungutan sebelum satu bulan, dan ketika satu bulan pun harus ada persetujuan orang tua siswa yang baru,” tegasnya. Terkait dengan kelulusan PSB, dia mengatakan jangan sampai ada yang memaksakan diri untuk masuk salah satu sekolah ketika sudah dinyatakan tidak lulus.

Ketika disebutkan adanya isu mengenai permainan uang dalam proses PSB, Rifai mengatakan isu seperti itu pasti ada setiap tahunnya. Dia mengatakan akan memberikan sanksi yang tegas bila terbukti ada pihak yang memanfaatkan PSB untuk mencari keuntungan. ‘’Setiap tahun pasti berembus isu seperti itu, kita terus berupaya bagaimana proses PSB berjalan secara transfaran,” sebutnya. Dikatakannya, untuk menjaga ketransfaranan PSB, ketika tes PSB tahun ini pihaknya menggunakan pengawas silang sehingga tidak ada kesempatan untuk bermain. (Reporter:Amril Hidayat)

 

comments