You are here: Home Pendidikan Awal Puasa, Sekolah Libur Tiga Hari

Awal Puasa, Sekolah Libur Tiga Hari

PDFCetakEmail

Libur Lebaran 13 - 27 Agustus
KOTAJAMBI
- Sekolah di Kota Jambi akan diliburkan selama tiga hari dalam menyambut puasa 1433 hijriah. Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Rifai, melalui Kabid Pendidikan Dasar Adi Triono, sesuai dengan kalender pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi tahun 2012/2103, libur menyambut puasa adalah selama tiga hari mulai tanggal 19 sampai dengan 21 Juli 2012.

‘’Mulai kembali sekolah Senin 22 Juli,” ungkap Adi. Dia mengatakan, selama puasa nantinya, peserta didik mulai TK sampai dengan kelas III SD akan diliburkan sedangkan peserta didik kelas IV SD sampai dengan SMA/SMK tetap sekolah seperti biasa. Namun selama bulan puasa jam pelajaran sekolah tidak sama dengan jam pelajaran hari normal. Lama jam pelajaran selama bulan puasa berkurang dari jam normal.

Dimana, selama bulan puasa 1 jam pelajaran untuk tingkat SMA selama 35 menit, untuk tingkat SMP selama 30 menit sedangkan untuk SD satu jam pelajaran selama 25 menit. Sedangkan untuk jam mulai kegiatan belajar akan diperlambat 30 menit dari jam normal. Biasanya dimulai pukul 07.00 WIB, khusus untuk bulan puasa kegiatan belajar akan dimulai pukul 07.30 WIB.

‘’Kalau jam pulangnya kan berbeda tergantung sekolahnya,” sebutnya. Untuk libur hari raya Idul Fitri, sekolah akan diliburkan selama 2 Minggu. Libur sekolah dimulai 13 Agustus 2012 dan kembali masuk sekolah pada tanggal 27 Agustus 2012. Disampaikannya, untuk memberitahukan ke sekolah-sekolah mengenai jadual selama bulan puasa sampai lebaran, pihaknya sudah mengirimkan surat edaran ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Jambi.

Diharapkannya, pihak sekolah mengikuti ketentuan yang sudah dibuat tersebut. Terutama waktu masuk sekolah ketika usai libur, diharapkannya masuk sekolah sesuai dengan jadual tersebut. ‘’Kita harap ketika libur, masuknya tepat waktu,” tukasnya. Dia menyampaikan jadual itu hanya berlaku selama bulan puasa dan kembali normal ketika usai lebaran. (Reporter: Amril Hidayat)

comments