You are here: Home Pendidikan Tips Belajar Mengajar yang Efektif

Tips Belajar Mengajar yang Efektif

PDFCetakEmail

TIDAK sedikit guru yang mengeluhkan proses belajar dalam kelas sukses terwujud sesuai dengan yang mereka harapkan. Berbagai masalah dari siswa didik, tak urung menghalangi efektifitas belajar mengajar itu sendiri. Berikut lima langkah untuk untuk mencintakan efektifitas dari proses belajar mengajar.

You are the boss!

Kepercayaan diri adalah kunci dari pekerjaan ini. Anda tidak dapat mengaharapkan para siswa memberikan respon positif kepada Anda, kecuali anda benar-benar yakin bahwa anda pantas untuk mereka hormati dan patuhi. Bahwa anda adalah pemimpin di dalam kelas, adalah hal utama yang harus ada dalam benak Anda. Anda harus memberikan kesan bahwa Anda tidak akan mentolerir setiap ketidakpatuhan.

Memiliki aturan yang jelas mengenai berbicara saat pelajaran berlangsung

Begitu Anda membuat peraturan, pastikan siswa paham dengan aturan tersebut. Tidak boleh ada ambiguitas, karena tidak boleh ada argumentasi dalam peraturan. Konsisten adalah hal utama dalam pengelolaan kelas. Sebagai contoh, jangan pernah membiarkan siswa berteriak tanpa mengangkat tangan lebih dahulu. Jangan biarkan siswa mengobrol ketika Anda mulai menjelaskan pelajaran. Sekali Anda membiarkan hal tersebut terjadi, maka siswa akan terus mengulanginya.

Tertibkan siswa saat masuk kelas

Tempat yang ideal untuk menertibkan siswa adalah saat mereka akan masuk ke dalam kelas. Anda dapat mulai memberikan pelajaran tentang tata tertib kepada siswa dengan meminta mereka untuk berbaris rapi di luar kelas. Ini adalah saat yang tepat untuk memperhatikan hubungan individu dengan kelompoknya. Anda dapat dengan mudah melihat masalah pada siswa, seperti siswa yang sedih, terintimidasi, atau lainnya. Anda harus terlibat langsung untuk menyelesaikan masalah mereka agar tidak ada gangguan dalam kelas selama kegiatan belajar berlangsung. Apabila siswa tidak mau tertib, maka jangan izinkan mereka untuk masuk kelas. Mereka harus patuh terhadap apa yang Anda perintahkan sebelum mereka masuk ke dalam kelas.

Memberikan tugas dengan tenggat waktu

Jika ada sekelompok siswa yang sulit untuk tertib, coba berikan mereka tugas dengan tenggat waktu begitu mereka masuk ke dalam kelas. Misalnya Anda dapat menulis di papan tulis, "Selesaikan latihan halaman 10 dalam waktu 20 menit. Tidak boleh keluar istirahat jika belum selesai."

Punya cara tepat untuk menenangkan kelas

Anda mungkin berpendapat bahwa cara menenangkan kelas yang ribut adalah dengan menunggu siswa untuk tenang dengan sendirinya. Beberapa guru memiliki pendapat yang beragam mengenai cara ini, karena dalam banyak kasus, cara ini justru tidak berhasil. Dalam kelas yang sulit, mereka akan menguji kesabaran Anda dan menikmati ekspresi putus asa di wajah Anda. Pada saat seperti ini, Anda memerlukan sanksi dan mengingatkan bahwa ketidakpatuhan tidak akan ditoleransi.

Sebagai contoh, anda dapat mengatakan kepada siswa, "Jika kalian tidak mau diam, maka saya tidak mengizinkan kalian keluar saat jam istirahat." Atau dapat juga Anda perintahkan, "Yang masih ribut akan berdiri di depan kelas selama lima menit." Ungkapan seperti itu untuk menenangkan kelas akan terdengar tegas dan akan berhasil membuat siswa menjadi lebih tenang. (***)

comments

Newer news items: