You are here: Home Pendidikan Tes Wawancara Beasiswa Dinilai Hanya Formalitas

Tes Wawancara Beasiswa Dinilai Hanya Formalitas

PDFCetakEmail

IlustrasiJAMBI - Tes wawancara soal beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang dilakukan panitia penerimaan beberapa waktu lalu dinilai hanya sekedar formalitas. Sebab, orang-orang yang bakal mendapatkan beasiswa tersebut sudah ada. Demikian diungkapkan salah seorang mahasiswa paska sarjana UIN Jakarta yang juga ikut tes dan meminta namanya dirahasiakan, kepada Metrojambi.com.

Dituturkannya, yang mengikuti tes wawancara beberapa waktu lalu, sebanyak dua ribu lebih calon penerima. Kesemuanya itu merupakan peserta yang dinyatakan lolos tes administrasi. "Yang dimaksud tesnya hanya formalitas saja, karena materi yang ditanyakan di dalam tes tersebut sama sekali tidak berkenaan dengan substansi ataupun standar penerima. Sebab, penguji hanya mempertanyakan, kuliah dimana, semester berapa dan beberapa pertanyaan lainnya," katanya.

Selain itu, dilihat dari syarat yang dibutuhkan juga sangat tidak rasional. "Ada syarat insidentil dan ada pula syarat prioritas. Tapi maksud dari dua syarat itu pun juga tidak jelas," terangnya.

Jika dilihat dari jumlah penerimanya, kuota tahun ini jauh lebih sedikit dari tahun sebelumnya. "Kalau dulu yang menerima sekitar enam ratusan. Tapi sekarang tidak sampai dua ratusan," kata, salah seorang calon penerima yang kini kuliah di paska sarjana di IAIN STS Jambi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Diknas Provinsi Jambi, terangnya, setelah Agustus ini, nama-nama yang menerima beasiswa sudah diumumkan. "Kami menilai tes yang dilakukan selama ini hanya sekedar formalitas saja," sebutnya. (Reporter: Zamani)

comments