You are here: Home Wawancara Citra Raya City, Magnet Baru Masyarakat Jambi

Citra Raya City, Magnet Baru Masyarakat Jambi

PDFCetakEmail

Andre Utama, Marketing Deputy Manager Ciputra GroupCIPUTRA Group menjadikan Jambi sebagai proyek pembangunan kota madiri terbesar di Pulau Sumatera. Dengan lebih dari 1000 hektar, Citra Raya City akan menjadi magnet baru bagi masyarakat Jambi. Dengan menawarkan konsep perumahan layaknya BSD City di Tangerang, Citra Raya City menawarkan produk investasi yang dalam jangka waktu 50 tahun ke depan akan terus berkembang.  Andre Utama adalah salah seorang di balik mega proyek ini. Dia adalah Marketing Deputy Manager Ciputra Group. Berikut hasil wawancara wartawan Posmetro Jambi, Jauheri Sandi, dengan Andre Utama.

Kenapa Ciputra Group memilih Jambi sebagai lokasi proyek terbesar di Pulau Sumatera?
Dari hasil survei kita di awal, pertumbuhan ekonomi Jambi terbesar nomor dua di Sumatera. Jambi adalah pasar yang paling potensial di Pulau Sumatera.

Bagaimana anda menilai ekonomi Jambi? Seberapa besar prospek bisnis properti di Jambi?
Walaupun saat ini harga hasil bumi sedang mengalami penurunan, tetapi sifatnya hanya sementara. Berdasarkan grafik, biasanya dia akan turun tetapi dia juga akan naik dengan sedemikian cepatnya. Jadi saya rasa kalau harga hasil tambang maupun kebun turun, waktunya tidak akan lama.

Apa yang menarik dari Citra Raya City ini?
Kehadiran kita tidak hanya meningkatkan perekonomian di dalam kawasan tetapi juga masyarakat sekitar. Saat ini saja sudah terlihat harga tanah di sekitar kita sudah naik drastis  Yang jelas, kehadiran perumahan ini bukan saja ingin sekedar mengambil keuntungan semata. Akan tetapi juga memberikan rumah impian yang diinginkan oleh setiap orang. Seperti kita ketahui, tujuan kita punya rumah kan agar merasa nyaman, aman, tentram, bersih dan asri. Untuk mewujudkan itu semualah makanya kami hadir disini.

Contohnya di daerah lain?
Kita sudah membangun 49 proyek perumahan di 29 kota besar di seluruh Indonesia. Saat ini yang dapat dilihat hasilnya adalah di daerah Jabodetabek. Di sana ada Perumahan Bumi Serpong Damai (BSD), Lippo Karawaci Tangerang dan Lippo Cikarang Bekasi.  Untuk BSD sendiri sampai saat ini dari 6000 hektar yang kita miliki baru 1500 hektar yang baru dipasarkan dan masih banyak peluang berkembang disana.  Sementara, untuk proyek Citra Raya City Jambi ini merupakan proyek Ciputra terbesar di Sumatera. Target saya harus buka 35 sampai 50 hektar per tahun.

Harapannya dengan Citra Raya City?
Sebagai kota mandiri kita berharap perumahan ini akan menjadi magnet baru bagi masyarakat Jambi. Terlebih untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat nanti tidak perlu kemana-mana. Nanti kalau mau sekolah tinggal jalan kaki, mau belanja tinggal jalan, mau berenang ada di depan rumah, bahkan jika ingin bermain golf lapangannya tersedia di belakang rumah. Di samping itu, nanti kita akan membangun beberapa supermal. Selain itu juga akan dibangun rumah sakit medical thompson dari Singapura, sekolah-sekolah dari Ciputra, dan bahkan Universitas Ciputra hingga Universitas Tarumanegara.

Lalu?
Kita tengah melakukan land clearing untuk membangun waterpark yang berada di kota inti. Sehingga jika nanti waterpark ini jadi, maka pemilik rumah disana dapat menikmatinya selama satu tahun gratis. Disana akan ada giant, hypermarket atau carefour. Itu semua ada dalam rencana pembangunan ke depan.

Sedikit ke persoalan pribadi, sebagai Marketing Deputy Manager, apa saja yang melingkupi tanggung jawab anda?
Tugas saya yang utama adalah menentukan harga jual dan produk yang akan di-launching dan sistem promosi yang efektif dan efisien. Setelah itu, memastikan tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan. Selanjutnya, menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan.

Apa lagi?
Saya juga bertanggung jawab untuk menganalisa dan memberikan arah pengembangan desain, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Kemudian, melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survei seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan.

Darimana anda mendapatkan pengalaman dalam dunia bisnis, pengalaman atau bakat?
Kerja keras dan mungkin juga ada bakat dari pihak ibu saya. Pengalaman bisnis saya mulai ketika saya beranjak dewasa. Saya sudah mencoba mandiri memenuhi kebutuhan sehari-hari sampai dengan biaya kuliah mulai dari bisnis HP second di kampus, perantara rumah-mobil, asuransi, dan lainnya. Ini mungkin terbawa dari dari sifat orangtua saya yang berasal dari keluarga pedagang. Mama pernah memiliki beberapa bidang usaha seperti toko buah, mini market, fashion, salon, restoran juga alat listrik dan elektronik. Melangkah dari situ sampai saat ini saya masih memiliki usaha sendiri yang berdagang alat listrik, elektronik sampai dengan lampu hias, usaha ini dijalankan secara profesional dan sekarang dikelola keluarga dari istri saya.

Dari mana anda memulai karier anda hingga bisa sesukses seperti saat ini?
Pengalaman kerja secara profesional dimulai dari menjadi marketing freelance di Lippo Group untuk memasarkan kawasan perumahan dan ruko di pinggiran Jakarta, juga apartemen di tengah kota dan villa di Carita, karena prestasi yang baik akhirnya saya memutuskan menjadi bagian dari tim penjualan mereka.
Hal ini terus berlanjut sampai akhirnya saya memutuskan berani pindah ke Agung Podomoro Group untuk merancang strategi yang efisien dan efektif untuk memasarkan beberapa produk mereka mulai dari mall, rumah, ruko juga apartemen di tengah kota Jakarta. Tawaran berikutnya datang dari Group Pakuwon. Mereka mengajak bergabung untuk merancang dan menganalisa response pasar atas beberapa project mix use mereka di Jakarta (Gandaria City & kota Casablanca).

Kenapa akhirnya anda melabuhkan pilihan anda kepada group Ciputra?

Keputusan bergabung ke Ciputra karena didasari filosofi, untuk menjadi yang terbaik harus belajar kepada yang terbaik saya memiliki dedikasi tinggi untuk meninggalkan jejak emas atas semua project yang telah saya lalui. Saya ingin menjadi bagian dari sejarah kesuksesan Ciputra. Untuk itu saya memutuskan bergabung, dengan harapan diberi kesempatan lebih banyak untuk belajar dan memberikan kemampuan yang terbaik kepada perusahaan dan lingkungan tempat saya berada. (**)

comments