You are here: Hukum Tiga Terdakwa Kasus Portable Juga Divonis Bersalah

Tiga Terdakwa Kasus Portable Juga Divonis Bersalah

PDFCetakEmail

IlustrasiJAMBI - Selain mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batanghari, Jonni, tiga orang lainnya yang juga merupakan terdakwa dalam kasus korupsi pengadaan timbangan portable elektronik di Dishub Kabupaten Batanghari tahun 2010, juga divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Tinda Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi.

Ketiganya adalah Ilyas Aras, Rambat Ahmad Nasri, dan Dewan Richardi. Namun berbeda dengan Jonni, yang divonis 1 tahun 6 bulan (18 bulan, red) penjara, tiga orang terdakwa lainnya divonis lebih ringan.

Dalam persidangan yang berlangsung terpisah, Ilyas Aras divonis dengan hukuman 1 tahun 2 bulan penjara, dan denda Rp 50 juta subsidair 2 bulan kurungan. Ia juga dibebankan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 3 juta.

Sementara itu terdakwa Rambat Ahmad Nasri dan Dewan Richardi, divonis 1 tahun penjara. Namun mereka tidak dikenakan pidana denda maupun uang pengganti.

Oleh majelis hakim, ketiga terdakwa diberikan waktu untuk pikir-pikir, apakah akan menerima putusan majelis hakim atau akan mengajukan banding. Setelah berkoordinasi dengan penasehat hukum, akhirnya ketiga terdakwa menyatakan pikir-pikir selama satu minggu.

Reporter : Khusnizar

comments