You are here: Metro BBM Alami Gangguan, RIM Indonesia Tidak Sebarkan Pesan Broadcast

BBM Alami Gangguan, RIM Indonesia Tidak Sebarkan Pesan Broadcast

PDFCetakEmail

JAMBI - Anda pengguna BalckBerry? Jika iya, pasti dari sekitar pukul dua belas tadi anda merasa jengkel dan kesal karena tidak dapat menggunakan layanan BlackBerry Messenger (BBM). Penasaran apa yang terjadi seberanya? Tim liputan Metrojambi.com berhasil menghubungi pihak RIM Indonesia melalui email dan sambungan telepon.

Gangguan tersebut dibenarkan oleh pihak Research In Motion (RIM) Indonesia. Yolanda Nainggolan, Manajer Public Relation RIM Indonesia, mengatakan bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan adanya gangguan teknis server untuk wilayah Asia Pasifik.Atas kejadian yang berlangsung selama seharian pada hari ini (3/10), banyak pesan siaran (broadcast) yang beredar lewat BBM, entah siapa yang memulai namun isi pesan tersebut menerangkan bahwa harus mem-forward (mengirim ulang) pesan tersebut ke seluruh kontak BBMnya.

Adapun isi pesan siaran tersebut adalah menerangkan seolah olah pesan tersebut memang berasal dari pihak RIM yang menyatakan sedang gangguan server dan akan mengupdate sistem dengan cara membroadcast pesan.

Lewat email yang dikirim Yolanda kepada Metrojambi.com, ia mengaku bahwa server RIM memang mengalami gangguan siang tadi dan dalam kondisi full, namun Ia tidak membenarkan bahwa pesan siaran tersebut resmi dari RIM. "Server kita tadi memang sedang full dan terjadi hampir diseluruh bagian Asia Pasific termasuk Indonesia, Namun kita tidak pernah menyuruh pengguna Blackberry Messenger untuk memforward pesan agar sistemnya terupdate," kata Yolanda melalui email yang dikirimnya kepada Metrojambi.com, Rabu (3/10).

Saat ditanyai masalah pembuatan server baru khusus Indonesia, Yolanda mengatakan bahwa hal tersebut akan dibahas oleh RIM dan Pemerintah, karena pembangunan sebuah server sendiri memiliki prosedur yang harus diikuti. Pihak RIM Indonesia juga meminta maaf atas gangguan yang terjadi hari ini. "Kita juga meminta maaf kepada seluruh pengguna BlackBerry dan pihak provider komunikasi yang berada di seluruh Indonesia," tambah Yolanda.

Ditambahkan Yolanda, pihaknya  tidak mau memberitahukan kepada publik karena teknis internal perusahaan. Selain itu Yolanda juga menghimbau agar pengguna BBM jangan memforward pesan yang berisikan harus menyebarkan pesan update server baru.

Reporter : William Jeryy

comments

Related news items:
Newer news items: