You are here: Metro BPOM : Jamu Tawon Liar Berbahaya

BPOM : Jamu Tawon Liar Berbahaya

PDFCetakEmail

IlustrasiJAMBI - Satu lagi temuan BPOM akan produk berbahaya yakni jenis jamu Tawon Liar. Jamu tersebut diproduksi dari tempat yang berpindah-pindah. "Kita dapatkan berdasarkan informasi dari masyarakat. Setelah melalui uji laboratorium benar jamu tawon liar mengandung bahan kimia yang berbahaya buat kesehatan," ujar Edy, staf Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM kepada Metrojambi.com, Rabu (24/10).


Menurut Edy, jamu Tawon Liar yang diproduksi dari daerah Jawa tersebut sebenarnya dulu sudah pernah ditarik dari peredaran. Bahkan terakhir  pihaknya sudah mendata sedikitnya sudah ada 29 jenis jamu yang kini sudah tidak boleh lagi beredar. Kini muncul lagi dan sekarang jadi temuan BPOM yakni jamu Tawon Liar.

"Kita sedang koordinasi dengan Dinas Kesehatan, dalam waktu dekat kita akan turun ke lapangan menarik jamu tersebut," sebutnya. Setelah dilakukan uji laboratorium, ternyata kandungan yang terdapat di dalam jamu Tawon Liar tersebut banyak mengandung unsur bahan kimia obat-obatan. "Ada kandungan paracetamol, natrium diklofenak, asam mefenamat," katanya.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi mengkonsumsi jenis obat tradisional yakni jenis jamu. Kasiat jamu dan obat-obatan kata dia berbeda. Jamu bahan-bahannya dibuat dari rempah-rempah, sedangkan obat tentu dari bahan kimia.

Reporter : Ade Sukma

 

comments