You are here: Metro Hasil Kebudayaan dan Kerajinan Orang Rimba Perlu Dikembangkan

Hasil Kebudayaan dan Kerajinan Orang Rimba Perlu Dikembangkan

PDFCetakEmail

Kegiatan sarasehan mengenai kebudayaan dan kerajinan orang rimba di Taman Budaya Jambi.JAMBI – Bertempat di gedung teater arena Taman Budaya Jambi (TBJ), siang tadi, Rabu (11/9), diadakan sarasehan dengan tema “Eksistensi Budaya Orang Rimba Menuju Ekonomi Kreatif”. Hadir sebagai salah seorang pembicara dalam sarasehan tersebut adalah Dirjen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mumus.

Dalam pemaparannya, Mumus mengatakan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan untuk lebih memahami peluang ekonomi kreatif yang dimiliki orang rimba. Dikatakannya lagi, kebudayaan dan hasil kerajinan orang rimba yang memiliki nilai ekonomis haruslah didorong, sehingga diharapkan mampu mengembangkan ekonomi kreatif mereka.

“Untuk itu perlu dilakukan pengkajian sehingga seni dan budaya orang rimba bisa memperoleh tempat dan perlakukan yang sama dengan seni dan kebudayaan lainnya,’ kata Mumus dihadapan ratusan peserta sarasehan.

Ditambahkannya, pengkajian juga perlu dilakukan agar pemerintah bisa mengetahui secara pasti apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan suatu hasil seni maupun kebudayaan. “Tanpa adanya pengkajian terlebih dahulu, biasanya apa yang dilakukan tidak tepat sasaran, atau bahkan melenceng dari maksud yang sebenarnya,” ujarnya lagi.

Mumus juga menyambut baik upaya-upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah untuk mengambangkan hasil budaya, seni, dan kerajinan orang rimba sehingga memiliki nilai ekonomis, salah satunya lewat kegiatan pameran. "Program (pameran, red) ini sudah sesuai dengan program yang digulirkan  pemerintah pusat, untuk peningkatan ekonomi kreatif," tuntasnya.

Reporter : Ade Sukma

 

comments