You are here: Politik Pol PP Tak Tertibkan Baliho Kandidat

Pol PP Tak Tertibkan Baliho Kandidat

PDFCetakEmail

Tampak Satpol pp menertibkan baliho beberapa waktu lalu.(F;dok)JAMBI- Pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwako) Jambi  akan dilaksanakan 2014 mendatang, namun sejak beberapa waktu lalu banyak kandidat yang sudah memasang baliho, gambar atau spanduk untuk memperkenalkan diri. Spanduk dipasang berbagai tempat, mulai di pinggir jalan hingga pepohonan, sehingga terlihat wajah kota Jambi semakin semrawut dipenuhi wajah mereka yang mempromosikan diri.

Tak jarang baliho atau gambar yang dipasang robek dikarenakan hujan panas dan tiupan angin, namun tak diperbaiki oleh mereka yang memasangnya ini tentu saja memperburuk wajah Kota Jambi. Anehnya hingga saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi tak pernah melakukan penertiban terhadap baliho-baliho atau poster tersebut. Padahal beberapa waktu lalu, Satpol PP Kota Jambi mengadakan penertiban terhadap baliho yang ada di Kota Jambi, tapi tak menyentuh baliho kandidat tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Jambi, Sabriyanto, ketika dikonfirmasi mengenai tidak tersentuhnya baliho mereka yang memperkenalkan diri untuk mencalonkan diri sebagai walikota dalam penertiban berdalih kalau pihaknya belum fokus pada penertiban baliho yang sifatnya politik. “Kita belum fokus ke arah situ, kita masih fokus yang sifatnya komersil,” ungkap Sabriyanto.

Ketika disampaikan kenapa tidak ditertibkan padahal itu sudah jelas mengganggu keindahan kota, dan bisa menurunkan penilaian apalagi saat ini akan dilakukan penilaian adipura? Dia mengatakan akan duduk bersama dengan Dispenda dan KPTSP untuk memberitahukan kepada pihak yang memiliki baliho atau poster yang berterbaran di jalanan. “Akan diberitahukan ke pihak yang punya kepentingan, dan itu sudah dilakukan Dispenda,” katanya.

Menurutnya, Dispenda sudah menyurati setiap pihak yang memasang baliho, poster atau spanduk mengenai mana saja lokasi yang diperbolehkan untuk dipasangi spanduk, baliho atau poster. Sementara itu berdasarkan pantauan koran ini di lapangan, banyak sekali terpasang poster dan baliho kandidat yang memperkenalkan diri untuk menjadi calon walikota Jambi. Sebagaimana diketahui, pemasangan baliho, poster atau spanduk wajah perorangan ini meskipun merusak wajah kota Jambi, namun pemasangan ini tidak dikenakan pajak. dan Pihak Dispenda sudah pernah mengatakan tidak ada pungutan pajak atas poster dan baliho kandidat, karena dalam aturanya tak ada pungutan biaya untuk poster politik. (Reporter;Amril Hidayat)

comments