Naah..Peluang Usaha Ini Mulai Dilirik  Investor Luar Negeri

- Minggu, 28 Mei 2023 | 08:50 WIB
Pusat pemasaran produk, ilustrasi (pexels.com/Alexander Isreb)
Pusat pemasaran produk, ilustrasi (pexels.com/Alexander Isreb)

 

METROJAMBI.COM-  Ini peluang usaha yang patut menjadi perhatian pelaku usaha di tanah air

Yaitu Industri sagu dan cokelat artisan karena peluang usaha ini  memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

Besarnya potensi untuk pengembangan industri sagu dan cokelat artisan dapat dilihat dari ketertarikan calon mitra luar negeri pada pameran Hannover Messe 2023 yang diselenggarakan di Hannover, Jerman bulan April lalu.

Dalam gelaran tersebut, salah satu perusahaan industri pengolah sagu dari Indonesia mencatat transaksi miliaran rupiah.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan
calon mitra potensial yang tertarik untuk bekerja sama dengan industri sagu dan cokelat artisan  berasal dari Jerman, Uzbekistan, dan Belanda.

Pengembangan industri sagu dan cokelat artisan mendapat dukungan pemerintah.

Putu mengatakan dalam rangka mendorong penumbuhan industri pengolahan sagu dan cokelat artisan pihaknya,  menyelenggarakan  rapat kerja untuk mendalami potensi dan mengambil langkah strategis.


Menurut Putu, tepung sagu merupakan salah satu bahan pangan sumber daya lokal yang memiliki potensi dikembangkan sebagai alternatif bahan pangan utama.

Putu menyampaikan, dengan konten pati yang cukup tinggi, produktivitas tanaman sagu dapat mencapai 6,25 – 7,5 ton pati/Ha/tahun, dengan asumsi pohon sagu yang dipanen hanya sebanyak 25 pohon sagu/Ha.

"Dengan demikian, potensi pati yang bisa dimanfaatkan bisa mencapai 41,25 Juta ton pati sagu/tahun,” terang Putu seperti dikutif dari laman kemenperin.go.id.

Pati sagu juga memiliki keunggulan dari sisi kesehatan yaitu gluten free, low glycemic index, dan high resistance starch content, sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Pemanfaatan sagu dapat mendukung ketahanan pangan, mengingat ketersediaan sagu yang melimpah, sehingga dapat disimpan untuk waktu panjang, baik berupa produk pati maupun tanaman hidup. Sagu juga dapat dikembangkan untuk pasar ekspor melalui produk-produk turunannya.

Disebutkanya, penggunaan sagu sebagai bahan baku produk pangan sangat luas, di antaranya beras analog, mi instan, dan pemanis. Selain itu, sagu juga dapat dikembangkan sebagai bahan baku bioetanol, biogas dan plastik biodegradable. 

Halaman:

Editor: Amril Hidayat

Tags

Terkini

Harga CPO di Jambi Turun Rp 196 per Kilogram

Sabtu, 23 September 2023 | 20:35 WIB

Petani Kelapa Sawit Kini Punya Asisten

Rabu, 26 Juli 2023 | 14:47 WIB
X