• Minggu, 24 September 2023

Lahan 1.500 Hektar Tak Ada Kejelasan Warga Muaro Jambi Mengadu ke Ketua DPRD Provinsi Jambi

- Minggu, 28 Mei 2023 | 12:48 WIB
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto ditengah-tengah warga yang mengadukan peraoalan lahan (metrojambi.com/tri suratno)
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto ditengah-tengah warga yang mengadukan peraoalan lahan (metrojambi.com/tri suratno)

 

METROJAMBI.COM - Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto temui masyarakat korban konflik lahan di Desa Bungur, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (27/5/2023)

Dihadapan Edi Purwanto, perwakilan warga Desa Bungur menceritakan bahwa pada tahun 2022 lalu, dirinya bersama BPN yang turut disaksikan masyarakat lainnya sudah mengukur dan mengecek lahan tersebut.

Namun sampai saat ini mereka belum menerima kejelasan hak tanah tersebut dari pihak BPN.

Kata warga dari tahun 2022 sampai saat ini, masyarakatt hanya mengetahui  bahwa lahan warga ada  seluas 1.500 hektare.

"Namun sampai detik ini belum ada kejelasan dari pihak BPN apakah lahan tersebut ada atau tidak. Karena belum ada keputusan pasti dari pihak BPN," sampainya.

Dengan hadirnya ketua DPRD  mereka berharap bisa membantu memperjelas bahwa lahan yang mereka permasalahkan itu ada dan dapat ditempati.


"Lahan kami luas pak, namun kami tidak mengetahui dimana lahan itu dan siapa yang memilikinya dan siapa yang menikmatinya," tegasnya.

Sekali lagi, mereka menegaskan bahwa mereka memiliki lahan yang luas namun mereka tidak bisa menikmatinya.

Dia mengatakan warga berharap persoalan ini segera selesai, sehingga kejadian ini tidak akan terulang di anak cucu nanti.

Dihadapan masyarakat, Edi Purwanto  menyampaikan saat ini masih banyak konflik lahan antara masyarakat dan pihak perusahaan.

Dia mengataman sampai saat ini konflik lahan yang ada di Provinsi Jambi sebanyak 348 konflik lahan.

Diakui Edi bahwa banyak sekali masyarakat yang datang dan mengadu kepada dirinya tentang permasalahan konflik lahan.

"Tapi memang belum bisa cepat selesai, karena kita ingin hasil yang adil, saya tau perjuangan bapak ibu itu pasti panjang dan melelahkan," sebutnya.

Halaman:

Editor: Amril Hidayat

Tags

Terkini

X