• Selasa, 26 September 2023

Miliki Luas Wilayah 13.750 Kilometer Persegi, TNKS Terbentang di Empat Provinsi

- Jumat, 2 Juni 2023 | 14:04 WIB
Tim dari Balai Besar TNKS yang ikut membersihkan jalur pendakian Gunung Kerinci yang tertutup abu vulkanik pada 8 hingga 9 November 2022.
Tim dari Balai Besar TNKS yang ikut membersihkan jalur pendakian Gunung Kerinci yang tertutup abu vulkanik pada 8 hingga 9 November 2022.

 

METROJAMBI.COM - Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera, yang memiliki luas wilayah 13.750 kilometer persegi.

Secara administratif wilayah TNKS masuk dalam 14 kabupaten dan dua kota dalam empat provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

TNKS ini terdiri dari pergunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatera, yaitu Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).

Baca Juga: Jambi Dapat Tambahan Kuota Haji 161 Orang

Selain itu, di TNKS juga terdapat banyak mata air, mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun, dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, yakni Danau Gunung Tujuh.

Di TNKS juga terdapat beragam jenis flora dan fauna. Sekitar kurang lebih 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah Taman Nasional, termasuk bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi dan bunga tertinggi di dunia, Amorphophallus Tutanum.

Adapaun fauna di kawasan TNKS antara lain harimau Sumatera, badak Sumatra, gajah Sumatera, macan dahan, tapir melayu, beruang madu, dan sekitar 370 spesies burung.

Baca Juga: 8 Kota Tersepi di Indonesia, Salah Satunya di Provinsi Jambi

Taman Nasional Kerinci Seblat juga telah masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO, bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Bukit Barisan Selatan.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat masuk sebagai Taman Warisan ASEAN sejak 18 Desember 2003.

Editor: Ikbal Ferdiyal

Tags

Terkini

X