Tips Aman Berkendara Pada Saat Musim Hujan

- Rabu, 1 Maret 2023 | 12:06 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - Berkendara pada saat hujan bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang, berbagai persiapan untuk mencegah hal-hal yang berdampak buruk harus segera dilakukan sebelum berkendara mulai dari persiapan fisik hingga kesehatan dari kendaraan tersebut.

Dalam keterangan resminya pada Selasa, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan tiga poin penting yang harus dilakukan oleh pengendara sebelum beraktivitas menggunakan kendaraan kesayangan mereka.

\"Kami berharap, lewat tips ini para pengendara dapat tetap beraktivitas dengan lebih aman dan nyaman ketika dalam kondisi hujan. Sahabat juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat,\" kata Marketing People Development Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Ben Faqih.

Periksa kendaraan

Poin utama yang patut dipersiapkan adalah kendaraan itu sendiri. Persiapan ini bisa meliputi berbagai pengecekan kondisi ban, segera ganti jika karet ban sudah tipis. Alur ban yang masih bagus dapat meminimalisasi risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

Pemilik kendaraan juga disarankan untuk rajin mengecek kondisi karet wiper, komponen ini penting dalam menyapu air untuk menjaga visibilitas ketika berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala, dan ganti dengan yang baru di bengkel resmi bila kondisi sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

Langkah yang harus dilanjuti adalah dengan memastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi pengemudi atau pun pengendara lainnya.

Persiapan fisik

Kondisi fit pada saat mengemudi akan sangat membantu sang juru kemudi tetap fokus dalam berkendara. Dalam kondisi hujan, penting rasanya jika seorang yang berkegiatan rutin dengan berkendara dituntut untuk selalu fit ketika sudah berada di dalam kendaraan mereka.

Oleh karena itu, pengendara atau pengemudi harus memastikan kondisi kesehatan tubuh tetap fit, karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.

Sedia payung di dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki pelindung atap kanopi, sehingga dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara. Untuk berjaga-jaga, anda juga dapat menyediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Saat berkendara

Ketika hujan turun cukup deras, pengemudi disarankan untuk menyalakan lampu. Hal ini akan membantu untuk melihat pandangan di jalanan yang biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan dapat membantu dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar.

Selalu jaga jarak, dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, terutama ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, dan hambatan eksternal lainnya.

Ini yang harus diperhatikan. Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, dan berpindah jalur atau berbelok arah.

Untuk yang terakhir, ketika pengendara dengan terpaksa melintasi jalan yang tergenang, jangan panik tetap tenang, dan disarankan untuk menggunakan gigi rendah dan RPM yang stabil.

Editor: Administrator

Terkini

X