Johnny G Plate Menambah Daftar Menteri Jokowi Tersandung Kasus Korupsi, Ini Daftarnya

- Jumat, 26 Mei 2023 | 10:50 WIB
Menteri era Presiden Jokowi yang tersandung kasus hukum (Dok Wikipedia)
Menteri era Presiden Jokowi yang tersandung kasus hukum (Dok Wikipedia)

METROJAMBI.COM - Menkominfo nonaktif Johnny G. Plate menambah deretan panjang nama-nama menteri era Presiden Jokowi yang tersandung kasus korupsi.

Johnny G Plate belum lama ini ditetapkan sebagai tersangka kasus proyek pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung Bakti Kominfo. Kini ia ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut nama-nama menteri era Presiden Jokowi yang tersandung kasus korupsi:

Baca Juga: Siapkan Mantel, BMKG Memprediksi Hujan Mengguyur Bungo dari Siang Hingga Malam Hari

1.Idrus Marham, pada periode pertama pemerintahan Jokowi menteri dari Partai Golkar yang menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) ini tersandung tindak pidana korupsi dalam kasus suap PLTU Riau 1.

Idrus ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dan divonis 3 tahun penjara karena secara sah dan terbukti menerima hadiah sebesar 2,25 miliar dari seorang pengusaha bernama Johanes Budisutrisno Kotjo.

2. Imam Nahrawi, menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dari partai PKB. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus tindak pidana korupsi pemberian dana hibah Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun anggaran 2018.

Baca Juga: XL Axiata Hadirkan XL Satu Biz, Berikan Akses Internet Cepat Bagi Pelaku UKM

Imam di vonis dengan hukuman penjara selama 7 tahun dan denda Rp. 400 juta. Selain itu, ia juga dicabut hak politiknya selama 4 tahun.

3. Edhy Prabowo, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini merupakan Menteri kabinet Jokowi periode kedua yang berasal dari partai Gerindra.

Edhy ditetapkan sebagai tersangka pada 25 November 2020 dalam kasus penetapan izin ekspor benih lobster usai ditangkap KPK di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Baca Juga: Manchester United Kunci Tiket Liga Champions, Musim Depan Liverpool Main di Liga Eropa

Ia divonis dengan hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp. 400 juta. Majelis hakim pengadilan Tipikor juga mengharuskan Edhy membayar uang pengganti sebesar Rp 9,7 miliar dan 77 dolar AS subsider 2 tahun penjara.

4. Juliari Batubara, merupakan mantan Menteri Sosial (Mensos) dari Partai PDIP tersandung kasus korupsi pengadaan bantuan sosial (Bansos) sembako Covid-19.

Ia terbukti menerima suap sebesar Rp. 32,4 miliar dari fee yang diberikan pengusaha yang mendapat tender pengadaan Bansos Covid-19 di Kemensos.

Baca Juga: Gempa 4.3 Magnitudo Guncang Wilayah Pariaman Sumatera Barat Pagi Ini

Juliari di vonis 12 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 500 juta serta ditambah dengan membayar uang pengganti sebesar Rp. 14,5 miliar. Selain itu, hak politiknya juga dicabut selama 4 tahun.

5. Johnny G. Plate, merupakan mantan Menkominfo dari Partai NasDem yang tersandung kasus proyek menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung Bakti Kominfo.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengklaim bahwa akibat dari kasus tersebut merugikan negara sebesar Rp. 8 triliun.

Baca Juga: BMKG : Prakiraan Cuaca di Batanghari Hari ini, Yuk Cek Sekarang

Ia disangkakan dengan Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Johnny G Plate dimintai pertanggung jawaban atas dugaan korupsi yang dilakukannya sebagai pengguna anggaran.

Editor: Sabar Yusminardi

Tags

Terkini

Ini Deretan Nama Daerah yang Unik di Indonesia

Sabtu, 3 Juni 2023 | 14:57 WIB