Rabu, 7 Desember 2022

Pemprov Kucurkan Dana Rp 32 M untuk Pembangunan Tahura

Sabtu, 30 Mei 2015 | 13:20:22 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Rencana pembangunan Taman Hutan Raya (Tahura) Senami di Kabupaten Tebo dan Batanghari akan dibiayai Pemprov Jambi. Sedikitnya, sudah disiapkan dana Rp 32 miliar untuk mewujudkan rencana itu.

Pejabat Bidang Bina Hutan dan Konservasi Alam Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Agusrizal, mengatakan Tahura ini akan dibangun dengan merubah Taman Wisata Alam (TWA) di kabupaten tersebut. Rencananya, September mendatang program ini sudah dilakukan.

Agusrizal mengatakan, walaupun ini telah menjadi rencana Dinas Kehutanan sejak lima tahun lalu, tetapi banyak proses dan perdebatan yang menjadi kendala. Salah satu kendalanya adalah menyangkut nama, TWA dan Tahura.

Meskipun sebenarnya memiliki fungsi dan tujuannya sama, namun bedanya kalau jadi Kebun Raya bisa menjadi pemasukan APBD Provinsi Jambi. "Fungsi dan tujuannya kan sama, bedanya kalau jadi kebun raya jadi pemasukan APBD provinsi jambi," katanya.

Lebih lanjut Agusrizal mengatakan, awalnya Taman Wisata Alam tersebut akan ditingkatkan statusnya menjadi Kebun Raya, namun pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya bisa merekomendasikan menjadi Tahura yang tujuan dan fungsinya sama dengan Kebun Raya.

“Izin sudah kita ajukan sejak lima tahun lalu, tetapi sepertinya baru tahun ini kita mendapatkan angin segar," pungkasnya.


Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments