Selasa, 27 September 2022

Rp 5,2 Miliar Dana Beasiswa Jadi Temuan

Kamis, 25 Juni 2015 | 22:24:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Alokasi dana beasiswa di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi kembali menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan kali ini nilainya cukup fantastis, yakni mencapai Rp 5,2 miliar.

Dana itu diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang S1, S2, S3 hingga mahasiswa Universitas Terbuka (UT) itu jadi temuan karena tidak tepat sasaran. Salah satunya, ada penerima yang ternyata sudah lulus kuliah.

Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Hefni Zen, membenarkan hal itu. Ia mengatakan, item yang menjadi temuan BPK ini yakni pemberian beasiswa yang tidak tepat, serta mahasiswa yang sudah lulus malah dapat beasiswa.

“Ada orangnya tetapi tidak jelas. Contoh, dia (penerima beasiswa, red) saat mengajukan beasiswa masih mahasiswa, tapi pada waktu beasiswa turun dia sudah tamat," ujar Hefni, Kamis (25/6).

Ditambahkannya, temuan ini bukan hanya untuk anggaran beasiswa 2014 saja, melainkan juga tahun-tahun sebelumnya. “Kita cari lah itu, kalau uangnya sudah terpakai itu namanya hutang ya balikinlah, harus bayarlah mereka kan sudah tamat," tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jambi, Muslim Rizal, menyebutkan jika anggaran yang sudah dicairkan untuk penyerahan beasiswa jumlahnya miliaran. Pihak BPKAD, menurutnya, mencairkan uang beasiswa tersebut setelah seluruh persyaratan terpenuhi.

Diakuinya, uang beasiswa tersebut memang telat pencairannya. "Misalnya proses seleksinya tahun 2013, tapi uangnya cair tahun 2014. Ya kalau itu memang serba susah, agak rumit juga lah prosesnya, karenanya mahasiswanya ada yang sudah tamat," tandasnya.




Penulis: Anton
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments