Selasa, 27 September 2022

Dana Beasiswa Jadi Temuan, Disdik Diberi Waktu 60 Hari untuk Menagihnya

Kamis, 25 Juni 2015 | 22:25:50 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Alokasi dana beasiswa di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi kembali menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan kali ini nilainya cukup fantastis, yakni mencapai Rp 5,2 miliar.

Dana itu diperuntukkan bagi mahasiswa jenjang S1, S2, S3 hingga mahasiswa Universitas Terbuka (UT) itu jadi temuan karena tidak tepat sasaran. Salah satunya, ada penerima yang ternyata sudah lulus kuliah.

Atas temuan ini, BPK merekomendasikan Disdik Provinsi Jambi untuk menagih kembali uang yang telah diberikan pada mahasiswa itu dalam waktu 60 hari. Tidak hanya BPK, Inspektorat Provinsi Jambi juga telah meminta Disdik untuk menindaklanjuti temuan tersebut dalam 60 hari.

“Pihak Disdik juga sepekat untuk menindaklanjuti temuan itu. Mereka akan mencari dan melakukan penarikan kepada penerima beasiswa," kata Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Hefni Zein, Kamis (25/6).

Sementara itu Kepala Disdik Provinsi Jambi, Rahmat Derita, mengatakan jika pihaknya akan menyurati para mahasiswa yang menerima beasiswa itu agar segera menyerahkannya kembali. “Kalau tidak mereka serahkan kembali, maka mereka akan terkena sanksi hukum. Maka kita akan memperingatkan," katanya.

Ia menyebut, uang yang mesti dikembalikan yakni sejumlah Rp 5,2 miliar untuk 136 mahasiswa. Meski dibebankan untuk mengembalikan dana beasiswa tersebut, namun Kadiknas menyebutkan, tugas Diknas hanya menagih sementara pengembalian tergantung pada masing-masing penerima beasiswa.

“Tugas kita hanya menagih agar mereka setor ke kita, masalah berapa lama mereka akan mengembalikan ke kita itu kan urusan lain," pungkasnya.




Penulis: Hendro
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments