Minggu, 27 November 2022

BMKG akan Pasang Alat Pendeteksi ISPU di Kota Jambi

Senin, 31 Agustus 2015 | 14:06:14 WIB


Kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi
Kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi / Hardiyansyah

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi berencana akan memasang alat pendeteksi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di wilayah Kota Jambi. Alat pengukur ISPU ini dinilai layak untuk dipasang di Kota Jambi.

Alat tersebut nantinya akan memberikan informasi tentang kualitas udara kepada masyarakat Kota Jambi. Prakirawan Cuaca BMKG Jambi, Dwi Atmoko, menjelaskan bahwa  alat tersebut menyajikan secara lengkap unsur zat yang terkandung dalam udara pada suatu wilayah.

Hal ini sangat dibutuhkan karena jumlah kendaraan di Kota Jambi juga sudah mulai meningkat. Tentunya hal ini memicu timbulnya polusi udara. Selain kendaraan, berdirinya pabrik-pabrik juga berpotensi untuk menimbulkan polusi udara.

“Untuk alat kita yang sekarang itu dipasang di Sungai Duren, makanya kita perlu alat untuk mendeteksi udara di Kota Jambi,” katanya.

Ditambahkannya, alat yang baru ini memiliki sensitifitas yang lebih baik dari alat sudah dimiliki BMKG sebelumnya. Alat ini nantinya dapat memberikan informasi mengenai kandungan zat dalam udara minimal berukuran 2,5 mikron.

“Alat sebelumnya itu minimal berukuran 10 mikron baru terdeteksi, nah ini lebih canggih lagi,” katanya.

Dikatakannya lagi, BMKG Jambi menargetkan alat ini sudah dapat difungsikan pada awal tahun 2016 mendatang. Alat ini dipasang di sebelah kantor BMKG Jambi, dan sekarang sedang dalam proses pemasangan.

“Target selesainya pengerjaan pada Desember 2015 mendatang,” pungkasnya.



Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments