Rabu, 28 September 2022

Dapat Bantuan 53 Unit Komputer, SMP 4 Optimis Laksanakan UNBK

Sabtu, 02 Desember 2017 | 11:40:31 WIB


Kepala SMP Negeri 4, Budi Yanto
Kepala SMP Negeri 4, Budi Yanto / Jainal Abidin

JAMBI - SMP Negeri 4 Kota Jambi saat ini tengah mempersiapkan diri, menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bahkan sekolah ini optimis UNBK 2018 mendatang bisa terlaksana mandiri.

Sebab, SMPN 4 bakal mendapat bantuan komputer dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi. ''Kita akan mendapatkan bantuan 53 unit komputer dan server 3 unit," jelas Kepala SMP negeri 4, Budi Yanto.

Dikatakannya, dengan adanya bantuan ini, sekolah dapat menambah komputer. Selain itu kontribusi orangtua siswa, meminjamkan laptop untuk anaknya mengikuti UNBK.

"Total kita sudah ada 118 komputer, untuk memenuhi kebutuhan 349 siswa Kelas IX yang akan ikuy UNBK,'' ujarnya.

Untuk memenuhi jumlah siswa sebanyak 349  sekolah juga menyiapkan 6 ruangan UNBK. ''Nanti setiap ruangan berisi 30 hingga 40 siswa. Mereka dibagi menjadi 3 sesi pelaksanaan UNBK setiap harinya," sebutnya.

''Ruangan ujian persiapan 100 persen disiapkan sekolah dengan jaringan yang memiliki LAN atau jaringan internet, maupun akses wifi. Bahkan jaringan internet sudah bisa terkoneksi diseluruh wilayah SMP Negeri 4," paparnya.

Selain itu, kata Budi, pihaknya juga telah menyiapkan tim yang akan membantu dalam pusat data elektronik (PDE), membantu penyiapan baik USBK maupun UNBK mendatang.

"Ada 15 orang kita turunkan dalam tim ini, 6 proktor, 6 teknisi, 1 proktor utama, 1 teknisi utama, dan 1 lagi sebagai koordinator kegiatan," jelasnya.

Ia berharap, dengan persiapan ada, sekolah nantinya dapat melaksanakan UNBK. ''Kita harapkan bantuan komputer segera turun agar upaya pemerintah yang ingin semua sekolah melaksanakan UNBK tercapai," katanya


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments