Kamis, 29 September 2022

Gunakan Komputer, SMA 3 Kota Jambi Ujian Semester Hingga Sore Hari

Sabtu, 02 Desember 2017 | 11:43:34 WIB


Suasana ujian semester ganjil di SMA Negeri 3 Kota Jambi
Suasana ujian semester ganjil di SMA Negeri 3 Kota Jambi / Jainal Abidin

JAMBI- Ujian semester ganjil di SMA Negeri 3 Kota Jambi, telah dilaksanakan sejak 27 November. Rencananya ujian ini akan digelar hingga 6 Desember mendatang.

Plaksanaan ujian senfiri dilakukan hingga sore hari, pukul 18. 00 Wib. Karena Kelas XII telah menggunakan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK).

"Harusnya kita butuh 132 unit komputer, agar bisa ujian 3 sesi. Namun kesediaan komouter hanya ada 102 unit dan 12 laptop pinjaman orangtua siswa, sehingga pelaksanaannnya harus 4 sesi," sebut  Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Negeri 3, Encu Rusmana belum lama ini.

Encu menyebutkan, seharusnya komputer yang digunakan telah mensuport, dengan spesipikasi menggunakan core duo dan windows 10, sehingga pelaksanaan ujian nisa maksimal, sesuai yang direncanakan sebelumnya. ''Sementara saat ini yang suport baru 92 unit komputer," jelasnya.

Menurutnya dengan USBK, siswa lebih fokus mengerjakan soal di monitor, karena tingkat kecurangan dan mencontek teman di sekitar berkurang. Bahkan tidak ada ruang dan waktu, sehingga hasilnya juga sesuai kemampuan siswa.

"Apalagi hasilnya langsung diketahui, setelah ujian, jadi siswa bisa menyiapkan diri buat ujian esok," ungkap Encu.

Sementara Kelas X dan Kelas XI dalam mengikuti ujian semester ganjil tahun ini, masih menggunakan kertas pena, dan pelaksanaanya juga lebih cepat selesai dari Kelas XII. ''Hanya hingga pukul 12. 00 Wib setiap harinya," katanya.

Hal ini dibenarkan Ahmad Khairul Zidan, siswa Kelas XII. Menurutnya, pelaksanaan USBK baru tahun pertama dilaksanakan, namun secara teknis dirinya tidak mengalami kendala. ''Jadi susah untuk mencontek, apalagi soalnya acak," paparnya.

Namun dirinya telah mempersiapkan diri dengan mempelajari pelajaran yang telah disampaikan guru sebelumnya, dan hasilnya mengalami peningkatan setiap harinya. "Kendati belum memuaskan hasil ujiannya," sebut Zidan.
Terpisah, Kepala SMA Negeri 3, Casroni mengatakan, pelaksanaan USBK dinilai lebih memudahkan sekolah, baik secara pelaksanaan, maupun penilaian yang dilakukan guru mata pelajaran.

"Ujian CBT ini sekolah hanya menyiapkan komputer, jaringan listrik dan internet," jelasnya.

Selain itu, sekolah juga menyiapkan tim yang membantu dalam penanganan apabila terjadi permasalahan saat USBK berlangsung. "Proktor, maupun teknisi komputer dan jaringan yang berpengalaman," katanya.

Casroni menyebutkan, tahun mendatang pihaknya optimis dapat melaksanakan USBK untuk keseluruhan siswanya, dengan kecanggihan laptop dan android yang dimiliki siswa. Apalagi saat ini, 99 persen siswa sudah menggunakan Android, pasti bisa dilaksanakan.

"Kita akan pelajari terlebih dahulu, baru diterapkan nantinya," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments