Rabu, 6 Juli 2022

Hasil Ujian Siswa SD Al Muthmainnah Meningkat 25 Persen

Jumat, 08 Desember 2017 | 10:55:58 WIB


Siswa SD Al Muthmainnah Kota Jambi tengah bersiap-siap mengikuti ujian semester
Siswa SD Al Muthmainnah Kota Jambi tengah bersiap-siap mengikuti ujian semester / Jainal Abidin

JAMBI – Hasil ujian semester baik harian maupun ujian mid semester siswa SD Al Muthmainnah Kota Jambi mengalami peningkatan. Peningkatan ini diketahui dari hasil penilaian beberapa mata pelajaran yang sudah dikoreksi guru masing-masing bidang studi.

Kepala SD Al Muthmainnah, Nurul Azmi membenarkan adanya peningkatan nilai hasil ujian yang dilaksanakan sekolah mulai 27 November-7 Desember. "Beberapa mata pelajaran yang diujikan diawal dan telah dikoreksi guru, nilai siswa meningkat," ujarnya, Kamis (7/12).

Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena siswa benar- benar menyiapkan diri mengikuti ujian semester, dengan mengulang pelajaran yang telah disampaikan guru bidang studi. "Peningkatannya hingga 25 persen," sebutnya.

Sementara itu, untuk jenjang SMP, pelaksanaan ujian semester digelar lebih awal, dari jadwal yang ditentukan Diknas, yakni 4 Desember lalu. "Kalau kita, tanggal 27 November sudah mulai ujian," jelasnya.

Pelaksanaan ujian lebih awal ini, karena sekolah juga melaksanakan ujian untuk pelajaran tambahan, sesuai program yayasan Al Muthmainnah, yakni pendidikan bernuasa agama Islam, yang menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada siswa.

"Pelajaran tambahan itu, seperti Fiqh, Bahasa Arab, SKI, Iqrok, Akidah Ahlak, dan lainnya," ungkapnya.

Dikatakannya, setelah ujian semester rampung, sekolah memberikan kesempatan siswa untuk mengikuti ujian remedial masing-masing mata pelajaran.

Remedial ini diikuti siswa yang nilainya belum memenuhi standard penilaian KKM, supaya nilai raportnya tidak mengecewakan. "Remedial dilaksanakan 8 dan 9 November," katanya.

Sebelum ujian teori, pihaknya juga telah melaksanakan ujian praktik, sebagai salah satu syarat wajib siswa bisa mengikuti ujian semester.
"Untuk ujian praktik ini untuk pelajara penjas, seni budaya dan keterampilan (SBK),  serta Fiqh dan PAI," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments