Jumat, 27 Mei 2022

Ribuan Pelajar SMA/SMK Jambi Ikuti Test Cambridge

MoU Disdik Dengan Cambridge University Press

Senin, 11 Desember 2017 | 11:07:28 WIB


Suasana test tertulis cambridge di salah satu ruangan
Suasana test tertulis cambridge di salah satu ruangan / Jainal Abidin

JAMBI - Sebanyak 1.158 pelajar SMA/SMK dari 11 kabupaten/ kota se-Provinsi Jambi, mengikuti test Cambridge selama 3 hari, 7-9 Desember, yang pelaksanaannya dipusatkan di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Baik test secara tertulis maupun secara interview atau wawancara.

Riki Maxsuen, EO Pelaksana Cambtidge mengatakan, kegiatan test cambridge ini merupakan pemberian beasiswa yang dikemas dalam pelatihan dan dilanjutkan tahapan test. "Kebetulan kerjasamanya dengan Cambridge, dan pesertanya siswa SMA/ SMA," ujarnya, Sabtu (9/12) kemarin.

Ia menyebutkan, pelaksanaan test cambridge sudah dilaksanakan tiga bulan lalu. Namun pelaksanakaan speacking dan learning dilaksanakan 7 Desember kemarin. ''Tempatnya di SMA Negeri 3 Kota Jambi," jelasnya.

Menurutnya, siswa antusias mengikuti kegiatan ini. Terbukti ada 1.158 siswa SMA/SMK 11 dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi yang jadi peserta. Selain itu sekolah juga membatasi mengirim jumlah peserta yang mengikuti ini."Pelaksanaan test selanjutnya juga ada, jadi bergantian dengan peserta lainnya," pungkasnya.

Setelah mengikuti test ini, nantinya peserta mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.

"Karena sertifikat cambridge ini bertaraf internasional, jadi bisa digunakan di luar negeri," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Disdik Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan, test cambridge ini merupakan kerjasama kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, dengan Cambridge University Press. ''Kerjasama ini sebelumnya juga telah ditandatangani Pak Gubernur," sebutnya.

Dikatakannya test cambridge ini merupakan rangkaian akhir dari uji kemampuan Bahasa Inggris, yang sebelumnya telah dilakukan pelatihan dimasing-masing kabupaten dan kota. "Tiga hari kemarin, tahap test cambridge, dan nantinya diberikan sertifikat cambridge," ujarnya.

Diharapkan dengan sertifikat yang dimiliki, dapat digunakan siswa melanjutkan keperguruan tinggi, baik perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments