Minggu, 22 Mei 2022

Nilai Siswa Kelas IX Harus Penuhi Standard KKM

Jumat, 08 Desember 2017 | 11:37:35 WIB


Kepala SMP Negeri 9, Nurhadi
Kepala SMP Negeri 9, Nurhadi / Jainal Abidin

JAMBI - Pelaksanaan ujian semester ganjil yang digelar selama 4 hari di SMP Negeri 9 Kota Jambi, berakhir Jumat (8/12) tanpa kendala. Baik saat pelaksanaan, maupun kendala siswa yang mengikuti ujian.

Kepala SMP Negeri 9, Nurhadi mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan ujian remedial, bagi siswa yang nilainya belum memenuhi standard Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) sekolah. "Remedial akan dilaksabakan 11 - 14 Desember," jelasnya.

Ujian remedial ini dilaksanakan oleh masing-masing guru mata pelajaran, sesuai hasil ujian siswa yang belum memenuhi nilai yang diharapkan perbidang studinya. " Kalau nilainya di bawah KKM, Siswa langsung menghadap guru mata pelajaran, ," ujar Nurhadi.

Sekolah juga akan memberikan kesempatan ujian remedial beberapa kali pelaksanaan, agar siswa yang belum berkesempatan atau nilainya belum memenuhi standard KKM pada remedial pertama, dapat memperbaiki nilai pada remedial berikutnya.

"Siswa masih kita beri kesempatan, remedial dilaksanakan 3 kali pelaksanaan," ungkapnya.

Dikatakan Nurhadi, remedial diwajibkan diikuti Kelas IX, karena siswa tersebut nantinya akan mengikuti ujian nasional 2018 mendatang.

Menurutnya, nilai semester ganjil mendukung penilaian nantinya. "Nilai semester ganjil akan dikalkulasikan dengan nilai UNBK mendatang. Selain itu nilai siswa Kelas IX juga akan dikirim ke Disdik dan Kanwil," ujarnya.

Selanjutnya, hasil penilaian ujian semester ganjil akan dibagikan setelah siswa merampungan ujian dan telah dikoreksi oleh guru masing- masing mata pelajaran. "Sesuai jadwal Disdik, pembagian raport 16 Desember mendatang," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments