Senin, 24 Januari 2022

Standar KKM SMP 2 Kota Jambi Meningkat

Senin, 11 Desember 2017 | 14:02:21 WIB


Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati
Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati / Jainal Abidin

JAMBI- Meskipun pelaksanaan ujian semester ganjil telah rampung dilaksabakan 9 Desember lalu, yang dilaksanakan selama 6 hari, 4 hingga 9 Desember. SMP Negeri 2 Kota Jambi, saat ini mulai melaksanakan penilaian hasil ujian siswa.

Sekolah juga mulai melaksanakan ujian remedial, bagi siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah. Hal ini dikatakan Kepala SMP Negeri 2, Asmiyati menyebutkan, remedial dilakukan masing- masing mata pelajaran yang diujikan, dan nilai siswa belum memenuhi yang standard KKM sekolah.

"Jadi siswa yang nilainya kurang masih bisa memperbaiki," ujarnya, Senin (11/12) kemarin.

Asmiyati mengatakan, sekolah juga tahun ini meningkatkan standar KKM sekolah, sesuai bidang studi yang diajarkan dari tahun sebelumnya, agar siswa berupaya meningkatkan prestasi belajarnya.

" Biar mereka menambah porsi belajar, baik di rumah maupun di sekolah," katanya.

Selanjutnya, dalam standar KKM, sekolah menerapkan dua penilaian kurikulum yang nilainya berbeda. Karena SMP Negeri 2 masing-masinh menggunakan KTSB untuk kelas VIII dan kelas IX.

" KKM KTSP ujian semester ganjil tahun ini rata- rata 70," sebutnya.

Sedangkan kelas VII yang telah menggunakan kurikulum 2013, standar KKM 78 dengan penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap.  "Kalau KTSP hanya pengetahuan dan sikap," ungkapnya.

"Kalau tahun lalu standar KKM sekolah 75," ujarnya lagi.

Asmiyati mengatakan, meskipun sekolah meningkatkan penilaian standar KKM, dari hasil ujian yang telah dikoreksi mengalami peningkatan. "Meskipun masih ada 1 atau 2 siswa yang belum memenuhi," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya mengharapkan setelah dilakukan remedial, nilai siswa tidak ada lagi yang tidak memenuhi minimal standar, baik mata pelajaran wajib atau umum. "Menyiapkan nilai siswa untuk ujian nasional mendatang," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments