Rabu, 26 Januari 2022

Kembangkan Jiwa Enterpreneur, Siswa SD IT Nuril Ikuti Market Day

Rabu, 13 Desember 2017 | 11:40:10 WIB


Siswa-siswi SD IT Nurul Ilmi dalam acara Market Day
Siswa-siswi SD IT Nurul Ilmi dalam acara Market Day / Jainal Abidin

JAMBI - Suasana ramai tampak saat siswa- siswi Kelas IV Gedung 2 SD Islam Terpadu Nurul Ilmi (SDIT Nuril) 2 Kota Jambi, menggelar dagangannya dan saling berinteraksi dalam jual beli pada kegiatan Market Day di sekolah, Senin (11/12) lalu.

Kepala SD Gedung 2 IT Nuril, Tatang Suhandar menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti 5 kelompok yang terdiri dari beberapa siswa Kelas IV. Market day ini diadakan sebagai ajang pembelajaran bagi siswa- siswi bagaimana cara bertransaksi jual beli dan menumbuhkan jiwa enterpreneur atau jiwa kewirausaan sajak dini.

Selain itu, melatih kemandirian siswa, agar dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, baik sesama temannya ataupun orangtua dan guru dengan cara melakukan kegiatan jual beli atau market day. "Untuk anak yang biasanya pendiam dan suka mojokan, kita latih supaya bersosialisasi," sebutnya.
Dalam kegiatan market day ini, sekolah mengangkat tema makanan sehat, dengan sistem penjualan pasar rakyat, dengan beraneka ragam makanan dan minuman yang dijajakan hasil olahan orangtua dan siswa dirumah.

"Tentunya makanan yang dijual memenuhi standar kesehatan yang layak dikonsumsi anak," paparnya.

Dikatakan Tatang, sekolah memiliki standar makanan sehat, dengan melarang menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya dan mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi. Seperti makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet. "Karena dampaknya pada kesehatan anak, bisa sakit," tegasnya.

Diakui Tatang, kegiatan ini sangat menarik perhatian siswa dan sangat antusias mengikutinya. Bahkan orangtua siswa juga sangat mendukung dan mensuport kegiatan market day. "Sampai ada orangtua yang mau ikut jualan," tuturnya.

Selanjutnya, ia berharap dengan kegiatan ini, siswa memiliki jiwa enterpreneur, berani, dan jujur, serta melatih jiwa perekonomian dalam bertransaksi jual beli sejak dini.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments