Kamis, 27 Januari 2022

Nilai Siswa SD Xaverius 2 Kota Jambi Harus Tuntas

Senin, 11 Desember 2017 | 14:11:30 WIB


Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Xaverius 2, FX Suroto
Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Xaverius 2, FX Suroto / Jainal Abidin

JAMBI- SD Xaverius 2 Kota Jambi saat ini tengah melaksanakan ujian remedial selama 3 hari, 11 hingga 13 Desember mendatang, bagi siswa yang nilai ujian semester ganjil kemarin belum memenuhi standar Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) sekolah.

Dikatakan Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Xaverius 2, FX Suroto, siswa harus menuntaskan KBM selama di semester pertama, sesuai mata pelajaran yang belum memenuhi.

"Kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan," katanya, Senin (11/12).

Nilai siswa harus tuntas, menurutnya, hal ini berpengaruh nantinya pada penilaian hasil ujian semester berikutnya, harus memenuhi standard KBM sekolah. "Dan tidak menjadi beban di semester 2, kalau ada yang belum tuntas," paparnya.

Sehingga, lanjut Suroto, pihaknya mengadakan ujian remedial, memberikan kesemoatan siswa untuk memperbaiki nilai yang belum memenuhi standard KBM.

"Remedial pelaksanaannya, 11 sampai 13 Desember," ungkapnya.

Kemudian, sekolah juga menaikan nilai standar KBM sekolah, dari tahun sebelumnya, agar siswa memacu belajar supaya mencapai target penilaian yang diharapkan sekolah.

"Standar KBM dari 60 sampai 75," jelasnya.

Menurut dia, penentuan standar KBM dilihat dari tingkat kesulitan masing-masing mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lainnya tidak sama.

"Nilai 60 untuk pelajaran Matematika, karena tingkat kesulitan dan keluasan materi," imbuhnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, ketuntasan dipengaruhi karena materi yang diajarkan pada kurikulum 2013, terlalu luas dan dibuku tema tidak disesiakan, kalaupun ada hanya sesikit.

"Dan waktu mencapai belajar tidak mencukupi," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments