Selasa, 25 Januari 2022

SMP 12 Sukses Jadi Tuan Rumah Pementasan Seni Program GSMS 2017

Selasa, 12 Desember 2017 | 11:39:57 WIB


Siswa SMPN 12 Kota Jambi saat menampilkan kreativitas seni tari dihadapan para tamu undangan yang hadir.
Siswa SMPN 12 Kota Jambi saat menampilkan kreativitas seni tari dihadapan para tamu undangan yang hadir. / Jainal Abidin

JAMBI - SMP Negeri 12 Kota Jambi, Senin (11/12) kemarin, menjadi tuan rumah pementasan seni program Gerakan Seiman Masuk Sekolah (GSMS) di Kota Jambi.

Dalam ajang ini SMPN 2, berkolaborasi dengan sekolah lainnya, seperti SD Negeri 4 dan SD Negeri 49 Kota Jambi.
Selain itu SMPN 2 juga menggandeng SMP Negeri 14 Kota Jambi dan SMA Negeri 1,  SMA Negeri 5 Kota Jambi dan SMP Negeri 12. Kegiatan ini sendiri berlangsung sukses.

Tamu undangan pementasan GSMS di SMPN 12 Kota JambiPada kegiatan ini, sekolah yang tergabung dalam GSMS menampilkan sajian panggung kreasi, baik seni tari tradisional dan kontemporer, drama dan teater, serta pementasan lainnya yang disaksikan Disdik Provinsi Jambi, Kapolsek setempat, kepala sekolah, serta guru dan siswa.

Perwakilan Disdik Provinsi Jambi melalui Koordinator GSMS, Wehan Bahrun mengatakan, ajang ini digelar untuk memfasilitasi seniman lokal Jambi untuk mengembangkan kreativitasnya yang selama ini dinilai kurang termanfaatkan dengan baik.

"Makanya mereka, para seniman diperdayakan di sekolah-sekolah," ujar Wehan disela- sela acara pementasan.Menurutnya, kegiatan pementasan GSMS di Provinsi Jambi, ini tahun pertama diadakan, baik kategori SD, SMP, dan SMA di kota maupun kabupaten di Provinsi Jambi. “Sebanyak 40 sekolah dilibatkan dalam kegiatan ini. Perbandingannya 60 persen kategori SD dan SMP, sedangkan SMA dan SMK 40 persen," katanya.

Kegiatan ini akan terus digalakkan setiap tahunnya, untuk melihat perkembangan seniman-seniman muda di sekolah. “Untuk tingkat selanjutnya belum ada rapat, namun kegiatan ini akan menjadi bahan evaluasi,” ungkapnya.

Terpisah, ketua pelaksana pementasan GSMS, Harun Sohar mengatakan, kegiatan ini merupakan program Disdik yakni gerakan seniman masuk sekolah, dalam rangka mencari bibit- bibit seniman dari siswa. “Imbasnya 5 sekolah yang nantinya menjadi contoh sekolah lain," katanya.

Ia berharap, program GSMS mendapat dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, guru, siswa dan orangtua siswa. "Supaya ke depannya biar bisa lebih bersaing dengan GSMS provinsi lain," paparnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 12 Kota Jambi, Tedy Suyono menyebutkan, program GSMS sangat bermanfaat, untuk menunjang minat dan bakat siswa dalam kreativitas seni yang dimiliki. "Khususnya bakat seni siswa SMP Negeri 12 Kota Jambi," paparnya.

Diakui Tedy, untuk menyiapkan pementasan GSMS, sekolah melakukan persiapan selama 3 bulan, untuk menyuguhkan penampilan terapik dalam acara ini. "Tentunya dengan dukungan sekolah, siswa, dan orangtua," jelasnya.Apalagi, SMP Negeri 12 sebagai tuan rumah pementasan GSMS 2017. “Makanya kita lakukan persiapan dengan maksimal," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments