Kamis, 27 Januari 2022

Pelajar SMPN 19 Kota Jambi Ikuti Lomba Rangking Satu

Selasa, 12 Desember 2017 | 16:30:05 WIB


Pelajar SMPN 19 Kota Jambi yang mengikuti lomba rangking satu
Pelajar SMPN 19 Kota Jambi yang mengikuti lomba rangking satu / Jainal Abidin

JAMBI- Sebanyak ribuan pelajar SMP Negeri 19 Kota Jambi, Selasa (12/12) kemarin memadati lapangan utama sekolah untuk mengikuti lomba rangking satu. Lomba ini digelar untuk mengisi waktu jeda atau kegiatan classmeeting jelang penerimaan nilai laport semester ganjil, 16 Desember mendatang.

Kepala SMP Negeri 19, Nanang Sunarya, mengatakan bahwa kegiatan lomba rangking satu ini dilaksanakan selama 4 hari, dan hari ini sekolah melaksanakan babak final mencari tiga Juara terbaik di sekolah.

"Pesertanya siswa Kelas VII hingga Kelas IX, mencari 3 terbaik masing- masing kelas," katanya.

"Sekolah mengadu 3 terbaik tiap kelas untuk mencari 3 terbaik di sekolah," katanya lagi.

Ia menyebutkan, materi yang dipertanyakan kepada peserta lomba sifatnya secara umum agar semua siswa berfikir keras untuk menjawabnya. "Kalau pertanyaan bersifat mata pelajaran Kelas IX peluang menjawabnya besar karena telah dipelajari," ungkapnya.

Bukan itu saja, lanjut Nanang, sekolah juga memberikan pertanyaan secara materi keagamaan, karena momentum saat ini juga memperingati hari maulid nabi besar Muhammad SAW.

" Insya Allah, nanti SMP Negeri 19 akan memperingatinya juga," katanya.

Kemudian, dalam mekanisme perlombaan rangking satu ini, siswa harus menjawab pertanyaan yang telah diberikan, dan kalau tidak bisa menjawab langsung dinyatakan gugur, dan tidak dapat melaju dipertanyaan selanjutnya.

"Kalau bisa menjawab dan jawabannya benar, akan maju di babak berikut," katanya.

Tujuan kegiatan ini dilaksanakan, menurut Nanang, memberikan pengalaman dengan lomba yang diikuti siswa, untuk berdaya saing kuat dalam berfikir menjawab pertanyaan - pertanyaan yang diberikan.

"Nantinya akan terbiasa mengikuti kompetisi di luar," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments