Kamis, 27 Januari 2022

Nursery KGS Jambi Tumbuhkan Minat Baca Siswa

Mendengar dan Melihat Buku Dongeng Bergambar

Kamis, 14 Desember 2017 | 11:48:09 WIB


Siswa TK KGS Jambi saat diajak mengunjungi perpustakaan Wilayah Jambi
Siswa TK KGS Jambi saat diajak mengunjungi perpustakaan Wilayah Jambi / Jainal Abidin

JAMBI - Siswa-siswi nursery atau pendidikan Playgroup Kanaan Global School (KGS) Jambi, belum lama ini diajak mengunjungi perpustakaan Wilayah Provinsi Jambi, yang berada di kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Mengunjungi perpustakaan wilayah ini, adalah upaya sekolah menumbuhkan minat siswa untuk gemar membaca, melalui cerita dongeng yang dibacakan dan buku dongeng bergambar. " Karena siswa playgroup belum bisa membaca," ujarnya Kepala TK KGS Jambi, Edwina N Utami, Rabu (13/12).

Dikatakannya, dalam kunjungan tersebut, sebelum diperdengarkan cerita dongeng oleh petugas perpustakaan, dan melihat buku dongeng bergambar, siswa diajak melihat-lihat buku yang terpajang rapi.

"Termasuk susunan buku berisi dongeng nusantara dan mancanegara. Setelah itu, baru mereka mendengarkan dan memilih buku dongeng yang digemari," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan mengunjungi perpustakaan ini digelar November lalu dalam rangka bulan buku dan sekolah mengajak siswa cara membaca dengan kegiatan metode yang menyenangkan untuk anak usia dini.

"Jadi setiap hari, siswa diajak membaca atau mendengarkan buku, baik buku cerita atau dongeng," ungkapnya.

Selain itu, sekolah yang berada di kawasan Handil, Kota Jambi ini, dalam menerapkan pendidikan karakter di sekolah bagi anak didik usia dini, agar nantinya siswa terbiasa gemar membaca hingga usia dewasa. "Apalagi saat ini, teknologi gadget lebih banyak disentuh, dari pada buku," katanya.

Menariknya, setelah itu siswa juga memainkan peran dari cerita yang dibaca atau diperdengarkan sesuai isi cerita dengan mengenakan kostum karakter dalam cerita dongeng tersebut bagi siswa kelompok bermain. "Kalau siswa TK, mereka akan menceritakan kembali dongeng yang dibaca," katanya lagi.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments