Rabu, 19 Januari 2022

Duh! Ternyata Perencanaan di Banyak Desa Tanjabtim Cuma Copy Paste

Kamis, 14 Desember 2017 | 21:00:27 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Setelah melakukan monitoring di sejumlah desa ternyata perencanaan Dana Desa (DD) copy paste. Hal ini terlihat dari segi geografis di lapangan. Desa dengan desa lain yang jelas-jelas berbeda geografisnya tetapi perencanaannya sama saja.

Menanggapi hal ini pihak Inspektorat Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menyarankan agar desa lebih selektif dalam memilih konsultan. Bahkan, jika desa mampu lebih baik melakukan perencanaan sendiri dalam melakukan pembangunan yang bersumber dari DD.
Sekretaris Inspektorat Tanjabtim, Frans Supriadi, membenarkan bahwa hasil monitoring di lapangan, perencanaan yang ada saat ini lebih banyak copy paste.

"Itu artinya, uang yang dikeluarkan untuk konsultan sebesar tiga persen dari dana yang ada sia-sia," ujarnya.

Salah satu contoh, kata dia, tinggi tiang jembatan dan dalam sumur dari Kecamatan Sadu sampai di kecamatan Mendahara sama. Padahal kondisi geografis jelas- jelas jauh berbeda.
"Ini sama semua perencanaannya begitu juga kedalaman sumurnya," jelasnya.

Frans menjelaskan, begitu juga dengan perencanaan lainnya. Meskipun yang dibangun satu desa dengan desa yang lainnya sama, belum tentu spesifikasi bangunan tersebut sama. Sebab, kondisi di lapangan atau geografis suatu desa tentu berbeda dengan desa yang lainnya.

"Makanya kami menyarankan agar desa membuat perencanaan sendiri saja, tidak usah melibatkan konsultan. Kan diperbolehkan dalam undang-undang. Kalau pun menggunakan konsultan cari konsultan yang memang benar-benar bekerja, agar apa yang dibuat sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing," ucapnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments